Dermaga Wisata Glagah, Tempatnya Camping Sambil Berwisata Dermaga Wisata Pantai Glagah Indah, Kulonprogo, DI Yogyakarta. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata - Ada begitu banyak tempat camping atau kemah bernuansa alam dan pepohonan pinus atau pohon cemara. Di Yogyakarta, salah satu tempat yang sedang ngetren ialah Hutan Pinus Dlingo.

Di antara tempat-tempat seperti itu, ada pula tempat camping bernuansa pantai. Bukan sekadar tempat camping yang hanya menyuguhkan lapangan di pinggiran pantai, melainkan tempat yang teduh dan dengan berbagai fasilitasnya. Di Yogyakarta, tempat seperti ini ada di Dermaga Wisata Glagah. Tepatnya sekitar 200 meter dari Pantai Glagah Indah, Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Begitu masuk ke kawasan Pantai Glagah Indah melalui gapura tempat pemungutan retribusi (TPR), 10 meter dari gapuran, Anda akan menemui Dermaga Wisata di sisi kiri. Di sini terdapat fasilitas gardu pandang, gedung induk, taman, kamar mandi dan WC, musala, tempat parkir, tempat parkir perahu wisata, dan tempat parkir perahu patroli tim SAR. Selain itu, tentunya, lapak utamanya ialah lapangan untuk tempat kemah. Di segala sisi lahan kemah ini ditumbuhi pepohonan rindang, sehingga membuat camping Anda semakin sejuk.

Pengunjung juga bisa merasakan pengalaman naik perahu bermotor menyusuri batang Sungai Serang hingga mendekati Samudera Indonesia. Pada batang sungai ini juga sering terlihat orang memancing atau mencari ikan yang menjadi pemandangan yang menarik pula.

Untuk menikmati Dermaga Wisata, pengunjung harus mengeluarkan dua kali pungutan retribusi. Pertama, retribusi di gerbang masuk Pantai Glagah sebesar Rp5.000 per orang. Dan, di pintu masuk Dermaga Wisata. Di dermaga, tarifnya sesuai apa yang hendak digunakan oleh pengunjung. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Laguna Indah di Pantai Glagah, Destinasi Andalan Kulon Progo
  2. Dermaga Marunda Hemat Biaya Transportasi 30 Persen
  3. Pembangunan Dermaga Marunda Dimulai Tahun 2016
  4. Jumlah Wisatawan yang Masuk Indonesia Capai Rekor Tertinggi
  5. JSI Resort Sediakan Wisata Adventure Keluarga


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH