Wisata Indonesia
Deretan Spot Wisata di Penajam Paser Utara yang Wajib Dikunjungi Beberapa wisata di Penajam Paser Utara yang wajib dikunjungi (Foto: instagram/exploresepaku)

SELAIN Kabupaten Kutai Kartanegara, Panajam Paser Utara pun termasuk menjadi calon Ibu Kota Baru Indonesia. Kabupaten yang letaknya di Kalimantan Timur itu berdekatan dengan Kutai Kartanegara.

Kendati Kabupaten Panajam Paser Utara termasuk baru dibentuk pada tahun 2002, namun siapa sangka jika Panajam Paser Utara memiliki sejumlah tempat wisata menarik yang sangat mengagumkan.

Baca Juga:

4 Wisata Alam Paling Ekstrem di Dunia, Dijamin Enggak Pasaran

Seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah deretan wisata panajam paser utara yang wajib dikunjungi dan cocok menjadi destinasi liburan mu yang tentunya anti-mainstream.

1. Penangkaran Rusa Penajam

Ditempat ini pengujung bisa melihat berbagai jenis rusa dan memberi makananan langsung (Foto: instagram/nadilla.octafiani)

Ditempat penangkaran rusa yang satu ini, pengunjung akan bisa melihat anak rusa dari berbagai jenis. Biayanya masuknya pun cukup murah, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp5.000 saja untuk karcis masuk.

Selain bisa menikmati aktivitas bersama rusa, para pengunjung pun dapat langsung memberi makanan pada rusa-rusa dipenangkaran itu. Untuk jenis spesies yang diternakan di penangkaran Rusa PEnajam sendiri, didominasi jenis Rusa Sambar dan Rusa Timor.

Untuk saat ini sendiri, rusa dipenangkaran seluas 50 hektar tersebut terdapat sekitar 200 ekor. Sementara itu, untuk lokasinya sendiri tepatnya berada di Jalan Provinsi KM 32, Desa Api-Api, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. Untuk menuju lokasi, kamu bisa menggunakan motor ataupun mobil.

2. Air Terjun Tembinus

Air Terjun mengagumkan yang ada di Penajam Paser Utara (Foto: instagram/exploresepaku)

Air Terjun yang satu ini lebih dikenal dengan Niagara Tembinus. Dimana merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Penajam Paser Utara yang cukup eksotis dan mentang.

Lokasi wisata air terjun yang satu ini berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser UTara. Kabarnya Air Terjun Tembinus masih berada di dalam wilayah Hak Guna Usaha PT. ITCI Hutani Manunggal. Kendati demikian Air Terjun Tembinus sudah bisa diakses oleh pengunjung.

Air Terjun ini letaknya cukup jauh dari Ibu Kota, kurang lebih dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dari Ibu Kota. Perlu dicatat, Air Terjun ini hanya bisa dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Selain itu, para pengunjung pun hanya diperbolehkan menikmati pesona Air Terjun Tembinus hanya sampai pukul 16.00 waktu setempat. Untuk kamu yang mau berkunjung ke air terjun ini, disarankan pergi dalam kondisi yang cerah demi keselamatan dan keamanan, karena kondisi jalan ke air terjun sangat licin.

Baca Juga:

Bukan Bali, ini Destinasi Wisata Indonesia yang Paling Hit di Media Sosial

3. Ekowisata Mangrove Penajam

Wisata Mangrove yang menarik dan instagramable (Foto: instagra/n0wfun)

Pada wisata Mangrove ini, pengunjung bisa masuk tanpa dipungut biaya dan bebas untuk mengabadikan momen lewat kamera ponsel maupun kamera profesional. Ekowisata Mangrove Penajam terletak di Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Salah satu spot favorit para wisatawan untuk berfoto di tempat ini adalalah pada salah satu jembatan yang dikelilingi pohon mangrove. Menariknya, selain berfoto pengunjung pun bisa melihat hewan-hewan yang berada di sekitar ekowisata tersebut.

Untuk kamu yang tak membawa makanan dan minuman, ditempat ini banyka penjualan makanan yang berjualan di pintu masuk.

4. Pantai Nipah Nipah

Pantai Nipah Nipah miliki pemandangan yang memukau (Foto: instagra/jhon_damanik)

Kabupaten Penajam Paser Utara, hampir separuhnya dikelilingi oleh laut, tak ayal jika di wilayah ini terkenal dengan wisata pantainya. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi ialah Pantai Nipah-Nipah.

Lokasi Pantai Nipah Nipah pun tak begitu jauh dari pusat kota, jaraknya sekitar 7 kilometer dari kelurahan Nipah Nipah, Kecamatan Penajam. Tempat ini pun cukup dekat lokasinya dengan Ekowisata Mangrove Panajam. Menariknya, dari pantai ini para pengunjung bisa melihat kota balikpapan.

Untuk masuk dan menikmati wisata ke pantai Nipah Nipah, Pengunjung hanya cukup membayar biaya karcis serta parkir. Biasanya pantai ini selalu ramai dikunjungi, bahkan kerap diadakan acara besar yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara.

5. Taman Bunga Rozeline

Banyak spot instagramable di taman bunga rozeline (Foto: instagram/iislestari891)

Taman Bunga Rozeline lokasinya berada di dekat kantor Bupati Penajam Paser Utara, sehingga para pengunjung bisa menikmati wisata yang satu ini kapan saja. Pengunjung pun bebas mengambil foto di taman bunga ini, dan tak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Adapun beberapa fasilitas di taman ini yang bisa kamu nikmati. Seperti halnya Gazebo dan taman bermain. Selain itu taman ini pun dilengkapi dengan pepohonan nan rindang dan sebuah danau ditengah taman, tak ayal jika Taman Bunga ini sangat sejuk. Kabarnya Taman Bunga Rozeline dibangun pada masa jabatan Bupati Yusran Aspar. (ryn)

Baca Juga:

Tawarkan Lukisan Alam Eksotis, Lembah Harau Jadi Wisata Favorit di Payakumbuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Schizzo Cafe, Ngopi Bak Negeri Dongeng di Malang
Travel
Schizzo Cafe, Ngopi Bak Negeri Dongeng di Malang

Interior kafe ini menggunakan sketsa yang begitu unik seperti di negeri dongeng.

Destinasi Wisata di Yogyakarta Bakal Terapkan Cashless
Travel
Destinasi Wisata di Yogyakarta Bakal Terapkan Cashless

Uji coba akan dilakukan pada awal Juli 2020

Fakta Pulau Sebaru, Kerangka Manusia dan Narkoba
Travel
Fakta Pulau Sebaru, Kerangka Manusia dan Narkoba

Pulau Sebaru ini faktanya menyimpan pesona alam Indonesia.

Biji Ganja dalam Gulai Beulangong
Kuliner
Biji Ganja dalam Gulai Beulangong

Salah satu rempah yang bikin nama beulangong kontroversial.

Melalui Konten Digital, Kemenparekraf Promosikan Lima Destinasi Wisata
Travel
Melalui Konten Digital, Kemenparekraf Promosikan Lima Destinasi Wisata

Program ini ditujukan untuk promosi lima destinasi super prioritas Indonesia.

Kue Timpan, Sajian Manis di Hari Raya Khas Aceh
Kuliner
Kue Timpan, Sajian Manis di Hari Raya Khas Aceh

Terbuat dari bahan dasar ketan dan pisang raja.

Viralkan Odading Mang Oleh, Ade Londok Diangkat Jadi Duta Kuliner Jabar
Kuliner
Viralkan Odading Mang Oleh, Ade Londok Diangkat Jadi Duta Kuliner Jabar

Ridwan Kamil angkat Ade Londok jadi Duta Kuliner Jawa Barat.

@Zaynmalieq Nge-Shift Perdana di Gerakan Barista Asuh, Respon Customer Luar Biasa
Kuliner
@Zaynmalieq Nge-Shift Perdana di Gerakan Barista Asuh, Respon Customer Luar Biasa

Terbukti ada beberapa customer yang rela mampir jauh-jauh ke TCB untuk memberikan support pada dirinya.

Berburu Foto Instagramable di Hutan Pinus Pengger Bersama Travel Trip
Travel
Berburu Foto Instagramable di Hutan Pinus Pengger Bersama Travel Trip

Kawasan Wisata Pinus Pangger sangat dikenal dengan keindahan alamnya yang asri.