Idul Fitri 2019

Deretan Tradisi setelah Lebaran Ini Ternyata Berpahala Besar

Iftinavia PradinantiaIftinavia Pradinantia - Kamis, 06 Juni 2019
Deretan Tradisi setelah Lebaran Ini Ternyata Berpahala Besar
Hal hal yang bisa dilakukan saat bulan Syawal (Sumber: The Ascent)

SELAMA bulan Ramadan, begitu banyak aktivitas yang diaanggap sebagai ibadah dan berpahala. Mulai dari puasa, salat tarawih hingga berzakat. Banyak orang berlomba-lomba mengumpulkan pahala saat bulan Ramadan.

Seusai Ramadan, ternyata masih ada lho aktivitas yang mendatangkan pahala. Berikut beberapa ibadah sederhana yang bisa dilakukan usai bulan Ramadan.

1. Puasa Syawal

Lebaran
Puasa Syawal (Sumber: Healthy Weight Loss)

Usai bulan Ramadhan, kita memasuki bulan Syawal. Banyak orang yang melakukan puasa selama enam hari di bulan Syawal. Puasa Syawal merupakan salah satu puasa sunah yang dianjurkan oleh rasul pada Umat Islam. Dalam Hadits Riwayat Muslim rasul bersabda, "Barangsiapa berpuasa di bulan Ramadhan kemudian mengikutinya dengan puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia seperti berpuasa setahun." Nilai puasa pun jauh lebih sempurna apabila kita melakukan puasa Syawal.

2. Bersilaturahim

Silaturahmi
Bersilaturahmi dengan saudara (Sumber: Family for Life)

Jelang lebaran, masyarakat mulai memadati jalan raya atau stasiun. Mereka tak sabar untuk berkunjung ke rumah sanak keluarga. Tak hanya menjadi ajang untuk melepas rindu, rupanya kegiatan silaturahmi ini juga salah satu hal yang diutamakan oleh agama. Keutamaan pertama yang kita dapat dari silaturahmi saat lebaran yakni terbukanya pintu rezeki yang begitu luas seperti dalam Hadist Riwayat Bukhari, "Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi."

3. Menikah

Menikah
Menikah (Sumber: Entrepreneur)

Ketika merilis lagu berjudul Akad, mantan vokalis Payung Teduh, Mohammad Istiqamah Djamad atau Is mengatakan bahwa salah satu momen yang akrab dengan suasana pascaramadhan adalah menikah. Itulah sebabnya ia memilih untuk merilis lagu Akad dibulan Syawal. Rupanya ucapan tersebut bukan hanya angan belaka karena memang demikian faktanya. Begitu banyak orang yang merencanakan pernikahan setelah Ramadhan. Selain karena banyak anggota keluarga yang berkumpul di momen tersebut, menikah di bulan Syawal juga memberi berkah melimpah bagi kehidupan kedua pasangan. Salah satu tokoh yang mempraktikkan pernikahan di bulan Syawal adalah Rasulullah SAW. Ia meminang istrinya, Aisyah RA di bulan Syawal. (avia)

#Lebaran 2019 #Tips Lebaran #Pasca Lebaran
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan