Intip Deretan Upcoming Smartphone 2019! Setia IOS atau Pindah Android? Samsung S10. (Screenshoot/YouTube)

PENGHUJUNG tahun menjadi momen tersibuk bagi produsen smartphone atau ponsel pintar. Selain mengevaluasi penjualan, mereka pun harus berlomba-lomba merancang terobosan teknologi terbaru pada ponsel rancangannya.

Bahkan, sebelum memasuki bulan terakhir, beberapa produsen ponsel telah siap menjual smartphone tercanggih untuk penjualan tahun 2019.

Tahun 2019, sepeti dilansir Antara, sejumlah vendor ponsel akan membuat produk pendukung jaringan 5G. Masing-masing produsen bersaing untuk jadi terdepan dan tercanggih.

Kamu tentu penasaran smartphone apa saja akan rilis di tahun mendatang? Berikut ini beberapa ponsel paling ditunggu-tunggu pada 2019;

1. Samsung Galaxy S10

Samsung S10. (Screenshoot/YouTube)
Samsung S10. (Screenshoot/YouTube)

Samsung dikabarkan akan menawarkan rancangan berbeda untuk seri flagship Galaxy S terbaru tahun depan. Bocoran beredar, layar Infinity Display Samsung untuk S10 akan benar-benar satu layar penuh, dan hanya menyisakan lubang untuk kamera depan, alias desain punch-hole.

Dikabarkan Samsung akan menyediakan Galaxy S10 dalam tiga versi; S10 Lite dengan harga terjangkau, reguler S10, dan termahal S10+. Makin besar serinya, makin besar pula layar ponselnya. Model termewah Galaxy S10 juga akan diberikan kemampuan jaringan 5G.

Samsung diperkirakan akan memperkenalkan ponsel ini berdekatan dengan acara tahunan MWC di Barcelona pada Februari 2019, sementara produk tersebut akan tersedia di pasaran pada bulan berikutnya.

2. Xiaomi Redmi Pro 2

Xiaomi Redmi Pro 2. (Screenshoot/YouTube)
Xiaomi Redmi Pro 2. (Screenshoot/YouTube)

Penerus Redmi Pro ini diperkirakan akan keluar pada Januari 2019, dengan mengusung kamera besar 48MP di belakang.

Xiaomi mengikuti tren layar punch-hole, yang diperkirakan akan menjadi standard ponsel tahun depan, seperti diperkenalkan Honor lewat View 20 dan Huawei Nova 4. Selain layar besar, Xiaomi dikabarkan akan memasang tiga kamera belakang, dengan sensor utama 48MP.

Xiaomi kembali bermitra dengan Qualcomm untuk model ponsel ini. Mereka akan memasang Snapdragon 675 di Redmi Pro 2.

3. iPhone 2019

Iphone 2019. (Screenshoot/YouTube)
Iphone 2019. (Screenshoot/YouTube)

Apapun hasil penilaian pada trio ponsel mereka tahun ini, Apple diperkirakan akan tetap pada tradisi meluncurkan iPhone baru setiap tahun pada bulan September.

Belum banyak diketahui tentang rilisan iPhone 2019, apalagi iPhone terbaru pun baru keluar beberapa bulan lalu. Namun, beberapa smartphone enthusiast berpendapat Apple akan membuang 3D Touch agar harga tidak terlalu mahal.

Ada juga beberapa pihak meramalkan Apple mungkin akan merombak rancangan notch atau poni di iPhone.

4. LG ponsel 5G

Gambaran ponsel 5G. (Pixabay/mehamed_hassan)
Gambaran ponsel 5G. (Pixabay/mehamed_hassan)

LG akan bermitra dengan operator seluler di Amerika Serikat, Sprint, untuk meluncurkan ponsel pendukung jaringan 5G pada paruh pertama 2019.

Sayangnya, belum banyak informasi mengenai ponsel ini, termasuk apakah LG akan bermitra dengan operator di negara lain pengadopsi jaringan 5G.

Diperkirakan harga ponsel ini akan sama dengan harga pasaran untuk ponsel flagship, sekira di atas 1.000 dolar AS.

5. Nokia 9

Nokia 9. (Screenshoot/YouTube)
Nokia 9. (Screenshoot/YouTube)

Nokia, melalui HMD Global, kembali dengan rancangan ponsel baru di 2019, dan bukan lagi nostalgia ponsel jadul seperti tahun-tahun sebelumnya.

Nokia 9 sebenarnya sudah menjadi perbincangan pada 2018. Tampaknya, HMD Global menunda Nokia 9 sekaligus untuk mempersiapkannya sebagai flagship pendukung jaringan 5G untuk rilis di tahun 2019.

Nokia 9 juga digadang-gadang akan menjadi ponsel pertama memakai rancangan penta kamera alias lima sensor sekaligus di bagian belakang. (*)

Baca Juga: Bertransaksi Semakin Mudah Melalui Rekening Ponsel

Kredit : zaimul


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH