Deretan Musisi Made In Negeri Aing Penakluk Panggung SXSW Dhira Bongs bermian di festival musik SXSW 2019. (Instagram@dhirabongs)

DENTUM middle dan floor tom berteman strap bass mengajak melodi dan rhythm gitar meraung dengan tempo tak secepat lagu-lagu sebelumnya. Elemen gitar amat terasa memegang peranan penting pada lagu berjudul Honey, Baby nan baru dirilis pada akhir tahun 2019.

Lagu bernuansa alternatif 90-an tersebut menjadi tembang penutup penampilan virtual Grrrl Gang sekaligus mencuri perhatian penggemar luar negeri pada festival South by Southwest (SXSW).

Baca juga:

Pasang Surut Sepatu Cibaduyut, Dari Cicit Sampai Buyut

"Penampilan mereka sangat bagus tahun ini. Aku sangat senang dapat mendengar lagu baru mereka 'Honey, Baby' di SXSW," ucap salah satu penggemar asal Amerika Serikat, Andy Schmimpf dikutip VOA.

Grrrl Gang mengusung konsep garage, menampilkan suasana ruang belakang rumah penuh perkakas, lukisan, sepeda, dan tambahan nuansa topik dari bata ekspos.

Kesederhaan tampilan dan tata suara justru jadi kekuatan Grrrl Gang di mata penonton luar negeri. Bahkan, kesedarhanaan konsep panggung virtual tersebut, berhasil membawa Grrrl Gang mendapatkan predikat '20 TOP Best Perfomance SXSW 2021' versi media asal Atalanta, AS Paste Magazine.

"Grrrl Gang tentunya akan laku besar di Amerika Utara. Karena lagu mereka dalam bahasa Inggris dan genre musik mereka sangat terkenal di sana," jelas Pemilik Damnably Records, George Damnably.

SXSW merupakan festival tahunan menggabungkan perayaan film, musik, media interaktif, dan konferensi. Dalam dasawarsa terakhir, deretan band dan musisi Indonesia acap tampil pada festival berbasis di Austin, Texas, Amerika Serikat.

Berikut daftar musisi pernah manggung di SXSW festival, siapa saja?

1. White Shoes & the Couples Company

Tentu saja, band asal kampus IKJ (Institut Seni Jakarta) menjadi pembuka dalam daftar. Band beraliran pop dengan nuansa musik 70-80an, bisa dikatakan pertama menjajakan musiknya di negeri Paman Sam tersebut.

Band terbentuk sejak 2002 tersebut, pernah menjadi salah satu wakil Indonesia untuk tampil di ajang SXSW pada 2008 silam. Mereka tampil memukau memberi pendekatan musik berbeda di antara para penampil lain. Tak sekadar unik dari segi tampilan, aksi panggung, juga tata suara serupa musik era 70-an membuat penonton terpesona.

2. The S.I.G.I.T

View this post on Instagram

A post shared by The SIGIT (@thesigit_)

Grup musik rock and roll asal Bandung dengan nama lengkap The Super Insurgent Group of Intemperance Talent (The S.I.G.I.T), pernah menjajal panggung festival musik SXSW pada 2009.

Jalan mereka sehingga bisa tampil SXSW tak mulu. Band asal Bandung terbentuk sejak 2002 sempat menelan pil pahit karena batal tampil di festival tersebut karena terkendala urusan visa. Mereka pun mempersiapkan segala administrasi, mental, juga mengasah lebih dalam kemampuan untuk persiapan tahun berikutnya.

Pada 2009, Rektivianto "Rekti" Yoewono (vokal, gitar), Farri Icksan Wibisana (gitar), Aditya "Adit" Bagja Mulyana (bass), dan Donar "Acil" Armando Ekana (drum) akhirnya bisa menjajal panggung SXSW.

3. Shaggydog

View this post on Instagram

A post shared by SHAGGYDOG (@shaggydogjogja)

Pasukan Yogyakarta beranggotakan Heru, Richard, Raymond, Bandizt, Lilik, dan Yoyo berhasil menggempur panggung festival musik SXSW pada 2016 silam.

Shaggydog berhasil mengharumkan nama Indonesia di negeri Paman Sam. Penonton asyik bergoyang lewat tembang-tembang mengentak pasukan asal Sayidan, Yogyakarta, tersebut.

Baca juga:

Rebranding Minuman Kesehatan Anggur Merah Cap Orang Tua Diminati Orang Muda

Pengalaman manggung di SXSW mengantar Shaggydog menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta karena kerja kerasnya.

“Shaggydog telah berkiprah di dunia seni (musik) selama lebih dari 20 tahun dan saat ini berusia 23 tahun dan tentunya sudah mengenalkan Yogyakarta ke tingkat nasional dan luar negeri,” ucap bassist Shaggydog, Bandizt kepada Merahputih.com.

4. Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca (ERK) berhasil tampil memukau di panggung festival SXSW 2018. Pada panggung tersebut ERK tampil dengan formasi lengkap, terdiri dari Cholil Mahmud, Poppie Airil, Akbar Bagus, Dito Buditrianto, Agustinus Mardika, dan Muhammad Asranur.

Penonton dari berbagai penjuru dunia tersihir aksi panggung dan harmoni nada ERK di atas pentas. Meski para penonton tak mengerti bahasa Indonesia di dalam lirik lagu-lagu ERK, tetap saja lantai festival bergelora.

5. Dhira Bong

View this post on Instagram

A post shared by Dhira Bongs (@dhirabongs)

Penyanyi muda kelahiran 1993 tersebut menjadi wakil Indonesia di festival musik SXSW 2019. Bernama asli Nadhira Soraya Nasution tampil di The Townsend, salah satu dari ratusan tempat menjadi tuan rumah festival SXSW.

Pada penampilannya, Dhira Bongs mengajak beberapa rekan, mulai dari Jason Meekins (drum), Matt Muehling (gitar), dan Nick Clark (bass). Nama terakhir merupakan session player dari Kanye West.

6. Grrl Gang

Terbaru ada trio indie pop asal Yogyakarta. Grrrl Gang tampil dalam festival musik SXSW 2021 mski sempat tertunda di 2020 lantaran masa awal pandemi COVID-19.

Mereka akhirnya tampil melalui pertunjukan konser virtual melalui situs festival SXSW. (far)

Baca juga:

Maternal Disaster Trendsetter Apparel Penggemar Musik Cadas Tanah Air

Penulis : Febrian Adi Febrian Adi
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Summer Game Fest Digelar Secara Online Pada Juni 2021
Fun
Summer Game Fest Digelar Secara Online Pada Juni 2021

Sudah dua kali Summer Game Fest digelar secara online.

Jordan Henderson: Sepak Bola Inggris akan Terus Perangi Rasisme
Fun
Jordan Henderson: Sepak Bola Inggris akan Terus Perangi Rasisme

Hal tersebut terjadi ketika penggemar Inggris mencemooh pemain mereka sendiri dengan berlutu sebelum kick-off pada pertandingan ...

Rizky Febian dan Iqbaal Ramadhan Turut Meriahkan FantaSnack Show
ShowBiz
Rizky Febian dan Iqbaal Ramadhan Turut Meriahkan FantaSnack Show

Deretan artis ternama dari mulai Rizky Febian, Iqbaal Ramadhan, Ochi Rosdiana, Dinda Hauw, Rey Mbayang, Billy Syahputra, hingga Amanda Manopo turut memeriahkan FantaSnackShow

Young Lex ‘Coba Bicara Empat Mata’ Bersama Widi Vierratale
ShowBiz
Young Lex ‘Coba Bicara Empat Mata’ Bersama Widi Vierratale

Dalam single terbaru ini, Young Lex juga telah merilis video musik yang digarap dengan cukup spesial.

Belajar Jarak Jauh Asyik Kok
Fun
Belajar Jarak Jauh Asyik Kok

Kamu bisa tetap produktif menimba ilmu walau belajar jarak jauh.

Gabung Dewa United FC, Indra Tajusa Siap Tanding di IFeL 2021/2022
Fun
Gabung Dewa United FC, Indra Tajusa Siap Tanding di IFeL 2021/2022

Punya prestasi dan pengalaman yang cukup kompeten di bidang e-sport Football.

Fakta Menarik Gerhana Bulan Total Malam Ini
Hiburan & Gaya Hidup
Fakta Menarik Gerhana Bulan Total Malam Ini

Indonesia pun berkesempatan menyaksikannya.

Joseph Gordon-Levitt Punya Kekuatan Anti Peluru di Film 'Project Power'
Fun
 Pakai Parfum Malam Hari bisa Tingkatkan Kualitas Tidurmu
Fun
Pakai Parfum Malam Hari bisa Tingkatkan Kualitas Tidurmu

Wewangian dalam parfum dapat menenangkan dan memanjakanmu hingga tertidur lelap sepanjang malam.