Beberapa Musisi Indonesia ini Bisa Dikatakan Sebagai yang Paling Kreatif dan Unik Video Klip "Hijrah ke London" (Sumber: YouTube/ The Changcuters VEVO)

KREATIVITAS musisi Indonesia tak ada matinya. Baik musisi yang bernaung di label major rekaman atau yang memilih jalur indie, seolah selalu punya cara untuk memberi warna di belantika musik tanah air. Semua musisi berusaha menawarkan ciri khas masing-masing.

Di antara musisi-musisi yang ada di Indonesia, musisi berikut memiliki keunikan tersendiri. Baik dari lirik, video klip, hingga cover albumnya unik. Berikut musisi paling unik di Indonesia:

1. Lirik Terunik

Melly Goeslaw
Potret - I Just Wanna Say I Love You (Sumber: YouTube/Aquarius Musikindo)

Supaya disukai para pendengar, para musisi berlomba-lomba untuk menciptakan lirik yang puitis nan syahdu. Semakin sesuai lirik lagu dengan perasaan, semakin digemari. Selain lirik yang puitis, beberapa musisi juga membuat lirik lagu super unik.

Walaupun lirik yang mereka buat nyeleneh mereka berhasil mengundang perhatian pendengar. Beberapa musisi yang pernah membuat lirik yang unik yakni Kuburan (Lupa-Lupa Ingat), Budi Doremi (Doremi), hingga Mbah Surip (Tak Gendong).

Namun pendengar tentu tak pernah lupa bagaimana Melly Goeslaw, sang ratu lirik puitis pernah membuat lagu yang cukup unik berjudul I Just Wanna Say I Love You. Sesuai maknanya, lirik lagu berdurasi 3:45 tersebut benar-benar hanya "I Just Wanna Say I Love You".

Meski liriknya hanya satu kalimat, lagu tersebut benar-benar terdengar catchy. Selain Melly Goeslaw, mendiang Olga Syahputra juga pernah membuat lagu dimana liriknya hanya "Hancur Hatiku".

2. Instrumen Terunik

Virgoun Surat Cinta Untuk Starla
Virgoun - Surat Cinta Untuk Starla (Sumber: YouTube/LAST CHILD)

Inspirasi musisi dalam mendapatkan lagu bisa darimana saja. Bahkan bisa dari benda-benda di sekeliling kita. Hal tersebut dimanfaatkan oleh Virgoun dalam membuat lagu.

Jika kita dengar dengan seksama, dua lagunya yang berjudul Surat Cinta Untuk Starla dan Bukti menggunakan instrumen yang tak biasa.

Alih-alih mengandalkan gitar akustik, Virgoun justru menggunakan suara mesin tik sebagai instrumen Surat Cinta Untuk Starla dan suara kertas sebagai instrumen Bukti. Benar-benar kreatif bukan?

3. Genre Terunik

Project Pop
Project Pop - Dangdut is The Music of My Country (Sumber: YouTube/Musica Studio's)

Dalam dunia musik, kita mengenal beberapa genre seperti pop, rock, ballad, atau dangdut. Biasanya, seorang musisi memilih satu genre untuk single mereka.

Namun, grup musik Project Pop pernah menggabungkan genre musik pop, rock, dan dangdut dalam lagu mereka yang berjudul Dangdut is The Music of My Country.

4. Sampul Album Terunik

Punkasila
Punkasila (Sumber: Punkasila)

Meskipun album fisik saat ini sudah tak menjadi pilihan banyak orang, namun beberapa musisi masih memproduksi album fisik.

Di antara mereka bahkan begitu fokus menentukan desain untuk sampul album mereka. Sebuah musisi indie, Punkasila pantas dinobatkan sebagai musisi paling kreatif dalam mengemas sampul album.

Mereka membungkus sampul album mereka layaknya hantu khas Indonesia, Pocong. Ada yang berani mengoleksinya?

5. Video Klip Terunik

The Changcuters
The Changcuters - Hijrah ke London (Sumber: YouTube/ The Changcuters VEVO)

Video klip menjadi salah satu cara musisi untuk menarik perhatian para pendengar. Apalagi di masa berkembangnya platform YouTube.

Musisi berusaha keras supaya videonya menarik banyak penonton. Semakin unik dan berkesan suatu video klip, maka semakin disukai. Salah satu musisi yang berhasil menciptakan video klip unik adalah The Changcuters.

Lagu mereka yang berjudul Hijrah ke London memanfaatkan mainan anak-anak, LEGO. Video klip yang dirilis tahun 2006 tersebut bahkan pernah dinobatkan sebagai video klip paling unik.

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH