Kaleidoskop 2022

Deretan Mobil Listrik yang Meluncur Sepanjang 2022

Andrew FrancoisAndrew Francois - Rabu, 28 Desember 2022
Deretan Mobil Listrik yang Meluncur Sepanjang 2022
2023 saatnya berganti ke mobil listrik. (Unsplash/CHUTTERSNAP)

TREN elektrifikasi di industri otomotif Indonesia semakin menggeliat, seiring mulai banyaknya pabrikan roda empat yang meluncurkan kendaraan listrik mereka di Tanah Air sepanjang 2022. Masyarakat juga kini memiliki lebih banyak pilihan bila ingin memboyong mobil listrik, baik dari segi model maupun harga.

Mobil listrik sendiri memang memiliki berbagai kelebihan yang menguntungkan masyarakat, terutama di Jakarta dan Indonesia. Misalnya, mobil listrik yang anti ganjil genap, lebih irit energi, hemat perawatan, dan biasanya memiliki desain yang lebih futuristis serta dilengkapi beragam fitur canggih.

Sepanjang 2022, berbagai jenama saling beradu dalam meluncurkan mobil-mobil listrik. Mulai dari KIA, Hyundai, Wuling, MINI, BMW, hingga Toyota yang memang belum merilis mobil listrik penuh melainkan sebuah hybrid. Namun, berikut adalah mobil listrik yang meluncur di Indonesia sepanjang 2022.

Baca juga:

Mobil Listrik Lebih Laris Dibanding Hybrid di Pasar Indonesia

Hyundai IONIQ 5

Dirakit di Indonesia. (Hyundai)

Mobil ini meluncur pada Maret 2022, dan menjadi mobil pertama Hyundai yang menggunakan platform Hyundai Electric Global Modular Platform (E-GMP). Keunggulan mobil ini bisa mengisi daya dari 10 sampai 80 persen hanya dalam 18 menit saja.

Selain itu, IONIQ 5 tersedia dalam pilihan baterai 72,6 kWh dan 77,4 kWh sehingga mampu menempuh perjalanan dari 423 hingga 490 km. Harganya memang terbilang cukup tinggi, yakni berkisar antara Rp 718-829 juta.

MINI Electric

Dibanderol nyaris Rp 1 miliar. (MINI)

MINI Indonesia resmi meluncurkan mobil listrik penuh pertama mereka, yakni MINI Electric pada Juni lalu. Mobil itu menggunakan motor listrik bertenaga 135 kW dan diklaim mampu menghasilkan torsi puncak hingga 270 Nm sejak putaran 1.000 rpm.

MINI Electric diklaim mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 7,3 detik saja. Adapun kapasitas baterainya sebesar 28,9 kWh, mampu menempuh jarak hingga 232 km. Harganya dibanderol senilai Rp 945 juta off the road.

BMW iX dan i4

Besar, bertenaga, ramah lingkungan. (BMW)

BMW Indonesia merilis dua model kendaraan listrik sekaligus pada perhelatan GIIAS 2022, yakni iX dan i4. Dua model itu merupakan hasil dari keunggulan teknologi baru BMW Group dalam menghadirkan inovasi antara kendaraan listrik dan digitalisasi.

i4 mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,7 deik saja, dan mencatatkan jangkauan maksimum sejauh 580 km. Sementara tenaga maksimumnya bisa mencapai 340 dk dengan seluruh daya disalurkan ke roda belakang.

Baca juga:

Mobil Listrik Bebas Polusi Udara dan Suara Bahkan Kebal Ganjil Genap

Wuling Air EV

Cocok dibawa menjelajah jalanan kecil di ibu kota. (Wuling)

Mobil ini diperkenalkan pada Agustus 2022, dengan performa dan kapasitas baterai yang bisa dibilang semungil mobilnya. Baterai listrik mobil itu berdaya maksimal 30 kW dan dihantarkan ke roda belakang.

Ada dua tipe dari mobil itu. Tipe pertama, baterainya berkapasitas 17,3 kWh dengan jarak tempuh 200 km, dan tipe kedua, yakni Long Range memiliki baterai 26,7 kWh dengan jarak maksimum mencapai 300 km.

Mercedes-Benz EQS dan EQE

Jarak tempuh mencapai 700 km. (Mercedes-Benz)

Melalui jenama Mercedes-EQ, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) meluncurkan The New EQS dan The New EQE. Seri EQS memiliki varian EQS 450+ AMG Line dan 450+ Electric Art. Keunggulannya terdapat di baterai yang berkapasitas 107,8 kWh.

Baterai itu mampu menempuh jarak maksimum 770 km. Tak mengherankan bila seri EQS dibanderol mulai dari Rp 2,9-3,4 miliar. Sementara, EQE dibanderol lebih terjangkau, yakni senilai Rp 2,2 miliar. (waf)

Baca juga:

Daftar Mobil Listrik Terlaris di Eropa

#Mobil Listrik #Otomotif #Kaleidoskop 2022
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan