Deretan Minuman Dingin yang Cocok Untuk Teman Berolahraga Minum dingin boleh saja setelah berolahraga (Foto: Pixabay/gsquare)

BEBERAPA orang mengira jika minum minuman dingin usai berolahraga dilarang. Bahkan tak baik bagi tubuh. Padahal, hal tersebut tidak benar.

Meminum minuman dingin bisa mencegah suhu tubuh meningkat, menyegarkan dan membuatmu merasa lebih baik usai berolahraga.

Baca Juga:

Bolehkah Minum Susu Setelah Minum Obat? Ini Faktanya

Kebutuhan Cairan

air
Air dingin dapat menurunkan ketegangan otot. (Foto: air es-Unsplash-Lanju Fotografie)

Kebutuhan cairan tubuh ketika berolahraga tergantung pada berat badan dan seberapa banyak keringat yang keluar.

Untuk mencukupi kebutuhan cairan, minum minuman dingin, sebelum, saat dan usai berolahraga sebetulnya boleh-boleh saja. Karena bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Ini dapat membuat detak jantung dan suhu tubuh normal.

Seperti yang dilansir dari laman alodokter, minum minuman dingin ketika berolahraga, bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan olahraga lebih lama. Selain itu minuman dingin bisa menjaga suhu tubuh agar tidak meningkat secara signifikan.

Manfaat lainnya dari minuman dingin selama dan sebelum berolahraga bisa menurunkan ketegangan otot dan mencegah dehidrasi.

Namun, kamu jangan asal pilih minuman dingin untuk menemani aktivitas olahraga. Seperti yang dilansir dari laman alodokter, salah satu minuman dingin yang direkomendasikan ialah sport drink.

Jenis sport drink cukup banyak di pasaran. Ketika tubuh mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi, minuman dingin jenis sport drink bisa memulihkan kondisi tubuh dengan cepat. Pilihlah sport drink yang mengandung lebih banyak bahan alami.

Baca Juga:

Manfaat Red Wine Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Smoothies

Minum smoothie sebelum olahraga akan membuatmu bisa berolahraga lebih lama (Foto: Pixabay/rohtopia)

Minuman yang baik lainnya adalah smoothie sayuran hijau. Minuman ini bisa kamu minum sebelum melakukan olahraga. Manfaatnya adalah membuat tubuh lebih lama berolahraga.

Buatlah smoothie dengan mencampurkan sayuran hijau, buah, air , yoghurt, susu serta bubuk protein alami.

Selain smoothie, susu pun dapat menjadi minuman pendamping olahraga yang sanat baik. Karena mengonsumsi susu akan menurukan rasa haus ketika berolahraga.

Bahkan, susu mengandung karbohidrat, lemak serta protein yang seimbang. Kandungan gula alami di dalamnya bisa membuatmu lebih berenergi.

Selanjutnya minuman yang cocok untuk berolahraga ialah air mineral. Minuman dingin yang satu ini tak hanya baik jika diminum sebelum olahraga, tapi juga disaat dan setelah olahraga.

Dengan mengonsumsi air mineral, tubuh kamu bisa terhidrasi dengan baik. Kamu bisa minum sekitar 2 gelas air satu jam sebelum olahraga. Setelah itu minum satu gelas lagi 15 menit sebelum olahraga.

Air Mineral minuman yang paling direkomendasikan untuk teman berolahraga (Foto: Pixabay/endho)

Lalu selama olaharga, setiap 15 menit istirahatlah sebentar dan minum air mineral setidaknya satu gelas. Bila kamu tidak suka rasa air mineral yang tawar, kamu bisa menambahkan potongan lemon, timun maupun stroberi.

Jika kamu ingin minuman dingin untuk olahraga, smoothies, susu dan air mineral bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun pada dasarnya disaat kamu berolahraga yang terpenting ialah tubuh tetap terhidrasi.

Karena itu, kamu juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman yang menyebabkan dehidrasi seperti minuman bersoda, kafein dan alkohol. (Ryn)

Baca Juga:

Jangan Asal, Ini Cara Membuat Salad yang Sehat

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala