Menu Makan Malam Lezat tanpa Bikin Gemuk, Nomor 5 Sangat Mengejutkan Deretan makanan lezat yang enggak bikin gemuk (Foto: pixabay/wow_pho)

MEMILIKI tubuh ideal tentunya dambaan bagi setiap orang. Berbagai cara pun kerap dilakukan demi memperoleh tubuh idaman, salah satunya dengan diet atau menjaga pola makan.

Saat tengah berdiet, kamu tentu perlu mengawasi apa yang dimakan serta kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

Baca Juga:

Awas! Depresi Bisa Bikin Ukuran Otak Menyusut

Sejumlah ahli gizi pun menganjurkan, untuk berhenti makan satu atau dua jam sebelum tidur. Karena tubuh perlu waktu untuk mencerna makanan yang dikonsumsi.

Selain itu, ada juga yang menganjurkan untuk mengonsumsi sedikit karbohidrat atau tak sama sekali pada malam hari. Agar pencernaan tak bekerja terlalu berat, dan makanan tidak menumpuk di dalam tubuh menjadi lemak.

Namun, ada beberapa makanan lezat untuk makan malam yang engga bikik gemuk gengs. Seperti yang dilansir dari laman Go Dok, berikut ini menu makan malam yang bisa turunkan risiko kegemukan bagi kamu yang tengah diet atau ingin menurunkan berat badan.

1. Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran merupakan menu makan malam ideal (Foto: pixabay/silviarita)

Buah dan Sayur sangat baik dan ideal untuk dikonsumsi sebagai menu makan malam kamu. Pastikan kamu mendapatkan mayoritas asupan karbohidrat dari buah dan sayuran. Karena mereka mengandung vitamin, serat dan nutrisi lainnya. Setidaknya konsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Jangan lupa selalu pilih yang segar jika memungkinkan.


2. Telur Utuh

Telur merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi untuk diet (Foto: pixabay/jillwellington)


Sebuah penelitian terbaru dari Departemen of Nutritional Sciences, University of Connecticut menunjukan, jika telur utuh tidaklah memberi efek merugikan bagi kolesterol dalam darah, atau menyebabkan serangan jantung. Justru telur merupakan salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi, jika ingin menurunkan berat badan.

Karena telur utuh tinggi akan protein, lemak sehat dan dapat membuat kamu merasa kenyang, dengan kalori yang sangat rendah. Selain itu, telur juga sangat padat nutrisinya, dimana kamu bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan pada diet dengan kalori terbatas.

3. Salmon

Salom memiliki kandungan protein tinggi, lemak sehat dan nutrisi penting lainnya (Foto: pixabay/congerdesign)

Salmon merupakan salah satu menu makan malam yang sehat dan mengenyangkan. Karena bisa membuat kamu kenyang dalam waktu lama, dengan kalori yang relatif sedikit. Salom mengandung protein berkualitas tinggi, lemak sehat serta berbagai nutrisi penting lainnya.

JAngan lupakan juga kandungan iodine dengan jumlah signifikan di dalamnya. Karena berbagai nutrisi itu diperlukan untuk fungsi tiroid, yang berguna untuk menjaga metabolisme tubuh kamu agar tetap berjalan dengan optimal.

Salom yang kaya akan asam lemak omega-3 pun telah terbukti bisa membantu mengurangi inflamasi yang dikenal punya peranan besar pada obesitas dan penyakit metabolisme.

Baca Juga:

Rahasia Hidup Sehat dengan Mengenal Diet Tepat Lewat DNA


4. Avokad

Avokad mengandung lemak sehat, cocok dijadikan tambahan salad sayuran (Foto: pixabay/silverstylus)

Avokad bisa dikatakan sebagai buah yang unik. Karena disaat kebanyakan buah mengandung karbohidrat tinggi, alpukat dipenuhi oleh lemak sehat. Avokadt tinggi akan monounsaturated oleic acid, yang juga bisa ditemukan pada minyak zaitun.

Namun, meski lebih banyak mengandung lemak. Avokad juga mengandung banyak serat dan air, hingga membuatnya tidak pada energi. Tapi Avokad merupakan tambahan sempurna untuk salad sayuran.

Sebuah studi menunjukkan kandungan lemak avokad bisa meningkatkan penyerapan carotenoid antioxidant dari sayuran, sebanyak 2.6 sama 15 kali lipat.

5. Pasta

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi pasta sebagai menu makan malam bisa membantu diet(Foto: pixabay/RitaE)

Untuk kamu penggemar pasta yang sedang diet patut berbahagia, sebuah penelitian di Italia telah mengamati lebih dari 20.000 orang, dan menanyakan kebiasaan diet yang dijalani.

Mereka yang dilaporkan mengonsumsi pasta sebagai makan malam dan disiplin pada diet mediterania, memiliki berat badan yang ideal, dan lingkar pinggang serta pinggul yang lebih kecil.

Penelitian tersebut merujuk pada penelitian sebelumnya, yang menunjukan jika diet yang diisi dengan karbohidrat serta sayuran, bisa menurunkan risiko obesitas dan lemak perut.


Nah itu dia gengs beberapa makanan lezat untuk menu makan malam yang enggak bikin gemuk. Jika tidak dikonsumsi secara berlebihan dan diikuti dengan olahraga rutin. Makanan-makanan itu tak hanya akan menjaga berat badan, tapi juga membuat jalan kesuksesan untuk hidup yang lebih sehat. (ryn)

Baca Juga:

Tips Ampuh Diet Penurun Kolesterol, Begini Caranya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH