Deretan Manfaat Dahsyat di Balik Family Time

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 10 April 2020
Deretan Manfaat Dahsyat di Balik Family Time
Kenali manfaat family time yang jarang diketahui(Foto: pixabay/satyatiwari)

WAKTU bersama keluarga atau family time, merupakan momen di saat kamu dan anggota kelaurgamu melakukan sebuah kegiatan bersama. Pada momen tersebut, banyak sekali manfaat, khususnya untuk kamu, pasanganmu atau anak-anak.

Family time tak melulu harus pergi ke luar rumah dan menghabiskan banyak uang. Karena ada beberapa kegiatan di rumah yang dapat kamu lakukan dengan anggota keluarga. Seperti membaca buku, memasak, berkebun atau menonton film bersama. Tak banyak yang tahu, jika family time memiliki segudang manfaat bagi orangtua dan juga anak-anak.

Baca Juga:

Kota ini Punya Cara Ampuh Agar Warganya Tetap Tinggal di Rumah

Family Time sangat bermanfaat bagi orang tua (Foto: pixabay/sathyatripodi)

Pertama ialah menjalin keharmonisan. Bukan tidak mungkin kesibukan pekerjaan atau mengurus anak bisa mengurangi waktumu bersama pasangan. Nah, family time dapat menjadi kesempatan untukmu dengan pasanganmu agar hubungan tetap harmonis.

Jika hubungan orangtua harmonis, itu dapat membangun hubungan yang harmonis juga di antara anak-anak. Hal tersebut lantaran anak-anak akan mengambil contoh dari cara orangtua mereka berkomunikasi serta berinteraksi satu sama lain.

Manfaat kedua family time bagi orangtua yaitu melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Apabila kamu pusing dengan setumpuk pekerjaan di rumah atau di kantor. Family time dapat menjadi waktu untuk melepas penatmu dari aktivitas sehari-hari.

Kendati tampak sederhana, tertawa lepas bersama keluarga dapat mengurangi stres dan depresi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga:

Sebuah Liontin Berbentuk Virus Corona Tiba-Tiba Viral, Penyebabnya Sangat Mengejutkan!

Lalu, manfaat family time yang ketiga bagi orangtua, yakni momen untuk menunjukkan hal baik pada anak. Hal itu karena anak gemar meniru orang tuanya, jadi kamu perlu menjadi role model yang baik baginya.

Kegiatan bersama keluarga itu lah yang bisa kamu manfaatkan, sebagai sarana mengajarkan pada anakmu hal-hal yang baik. Seperti saat mengajak anak berkebun, kamu bisa mengajarinya cara menyayangi tanaman.

Lalu, saat kamu meminta tolong pasanganmu mengambilkan sesuatu, berikan contoh pada anak bagaimana cara meminta tolong yang baik dan benar, serta menghargai orang lain dengan mengucapkan terima kasih.

Selain bagi orangtua, family time juga bermanfaat bagi anak (foto: pixabay/white77)

Selain bagi orangtua, family time juga sangat bermanfaat untuk anak-anak. Manfaat pertama yakni membuat anak-anak merasa dicintai dan diperhatikan oleh orangtuanya.

Bila di hari-hari biasa kamu sering membiarkan anak untuk bermain sendirian dengan mainannya, momen family time bisa kamu manfaat untuk bermain dengan anak dan mengetahui apa saja kegiatan yang mereka sukai.

Lalu manfaat yang kedua bagi anak yaitu sebagai tempat untuk mengutarakan perasaan. Semakin bertambah usia si anak, perasaan serta perilaku anak pun semakin berkembang, apalagi jika anak mu sudah remaja. Terkadang banyak hal yang membuat mereka bingung dengan yang dirasakannya, dan apa yang sebenarnya perlu dia lakukan.

Dalam hal ini, family time dapat menjadi tempat bagi si anak untuk membuka diri mereka serta mengutarakan perasaanya, menyampaikan keluh kesah, serta menanyakan hal yang tak dimengerti. Tapi orangtua harus bersikap terbuka, agar anak tak merasa sungkan untuk melakukan hal itu.

Sementara manfaat yang ketiga yaitu meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Momen tersebut bisa dimanfaatkan oleh orangtua untuk mengajarkan anak agar percaya diri dan bersosialisasi dengan lingkungan.

Jik anak terbiasa menjalin komunikasi yang sehat dengan orangtuanya, nantinya sang anak tak akan kesulitan untuk mencari teman di luar rumah. (Ryn)

Baca Juga:

Kisah Viral Kucing Terjebak 40 Hari di Apartemen, Karena Pemiliknya Terkena COVID-19

#Tips Keluarga
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan