Deretan Makanan yang Membuatmu Awet Muda, Jangan Lihat Nomor 4 Sejumlah makanan rahasia ini bisa membuat kamu awet muda (Foto: pixabay/free-photos)

SETIAP orang tentunya ingin selalu tampil menarik. Namun seiring berjalannya waktu, setiap orang tentu mengalami pertambahan usia dan penuaan.

Proses penuaan tubuh memang tak bisa dicegah, tapi penuaan bisa diperlambat, guys. Hal itu tentunya akan membuat kamu bisa tetap awet muda.

Memiliki kulit yang sehat, halus, kencang dan bebas dari keriput meski sudah tak muda lagi, tentu merupakan impian bagi setiap orang.

Karena itu, sel-sel tubuh kamu harus dijaga dari paparan radikal bebas serta efek negatifnya. Seperti apa caranya? Dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

Mengapa demikian? Karena kandungan nutrisi serta antioksidan pada makanan sehat, tak hanya bisa menjaga daya tahan tubuh kamu, karena bisa juga bermanfaat untuk kulit, yang bisa terlihat lebih muda. Seperti yang dilansir Alodokter, berikut ini adalah berbagai makanan yang menyimpan rahasia awet muda.

1. Sayur dan Buah

Sayuran dan buah-buahan bisa mencegah kerusakan sel-sel kulit (Foto: pixabay/silviarita)

Mengonsumsi sayur dan buah berwarna cerah yang kaya antioksidan, bisa membantu kamu mencegah kerusakan sel-sel kulit. Antara lain yaitu, tomat, wortel, sayuran hijau, alpukat, semangka dan blueberry. Selain itu, buah anggu pun mengandung banyak antioksidan, yang bisa menurunkan risiko penuaan dini pada kulit kamu.

Manfaat lainnya dari buah, khususnya yang mengandung vitamin C dan E. Bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Sementara Vitamin C berfungsi untuk membentuk kolagen dan membuat kulit kamu tetap kenyal.

2. Ikan yang Mengandung Banyak Omega 3

Konsumsilah ikan yang banyak mengandung omega 3 (foto: pixabay/derfla)

Makanan kedua yang bisa membuat kamu awet muda ialah ikan. Khususnya yang mengandung banyak omega 3. Antara lain yaitu ikan kembung, sarden, tuna dan juga tongkol.

Karena kandungan omega 3 dapat mengobati peradangan kronis, meningkatkan mood serta melindungi kulit kamu dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Usahakan mengonsumsi ikan, setidaknya 2 porsi dalam satu minggu.

Baca juga: Cegah Minus Bertambah dengan Olahraga Mata Sederhana Ini

Jika kamu tak menyukai ikan, Omega 3 tak hanya bisa ditemukan pada hewan. Karena pada tumbuhan pun ada, contohonya seperti kenari, flaxseed, telur dan minyak kanola. Dengan mengonsumsi jenis-jenis makanan tersebut, maka asupan omega 3 kamu akan tercukupi.

3. Teh Hijau

Antioksidan polifenol dari teh hijau bisa melindungi kulit kamu dari sinar matahari (foto: pixabay/rawpixel)

Teh hijau sangat kaya akan kandungan antioksidan polifenol, yang berguna melindungi kulit kamu dari bahaya sinar matahari.

Selain itu, kandungan antioksidan Polifenol pada teh hijau juga bisa mencegah kerusakan DNA sel kulit dan mengurangi efek radikal bebas.


4. Cokelat

Coket bisa mencegah penuaan kulit (foto: pixabay/alexanderstein)

Cokelat hitam sarat akan antioksidan flavonoid. Hal itu berguna untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

Baca juga: 'Workaholic', Ini Langkah Mudah Redakan Nyeri Pada Leher dan Pundak

Tapi sebaiknya pilihlah cokelat murni atau dark chocolate, bukan cokelat yang telah banyak ditambahkan gula. Mengapa demikian? Karena makanan manis justru bisa membuat kulit kamu lebih cepat mengalami penuaan dini.

Nah itu dia guys beberapa resep rahasia awet muda dari kandungan yang terdapat pada makanan diatas. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Hehehe. (ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH