Deretan Kendaraan Guru yang Sangat Ikonik Pada Zamannya Berbagai kendaraan ikonik seorang Guru pada zamannya (Foto: instagram @yohanes_jb)

JARGON 'guru ialah pahlawan tanpa tanda jasa' begitu terngiang di telinga masyarakat Indonesia. Hal itu lantaran guru merupakan sosok pahlawan yang memperjuangkan pendidikan bagi murid-muridnya.

Setiap zaman memiliki kisah masih-masing, tak terkecuali dengan kehidupan guru. Banyak hal yang bisa sangat identik dengan sosok guru. Mulai dari baju, penampilan, hingga kendaraan. Kendaraan bisa sangat ikonik dan sangat melekat pada sosok guru pada masanya.

Baca Juga:

Triumph Akan Luncurkan Motor Rocket Custom yang Sangat Langka

Untuk kamu generasi yang lahir di atas 2000-an mungkin tak tahu apa saja kendaraan khas yang kerap dipakai seorang guru. Namun, buat kamu untuk 90-an atau sebelumnya pastinya sangat ingat dengan memori kendaraan yang banyak digunakan oleh para guru.

Apa aja sih?


1. Honda Win 100

Honda Win 100
Honda Win 100 sangat tangguh dan irit (Foto: instagram @mbah_dhanang)

Kuda besi yang satu ini sangat ikonik pada masanya. Honda Win 100 sangat identik dengan motor dinas Guru maupun para PNS. Dengan kapasitas dapur pacu yang hanya 100cc atau lebih tepatnya 97,2cc, motor ini memiliki tenaga yang cukup besar pada masanya. Dimana pada gigi 1 yang kerap kali digunakan untuk melibas tanjak. Tak heran jika motor yang satu ini kerap dirombak menjadi motor trail namun tetap memakai engine bawaan pabrikan.

Honda Win 100 mempunyai engine yang terbilang cukup irit, dengan hanya 1 liter bensin, motor ini bisa menempuh jarak 51,4 km pada kecepatan 50 km/jam. Selain itu dengan menggunakan engine tidur berteknologi Overheard Camshaft (OHC), motor ini bisa menyemburkan 10,8 tenaga kuda pada putaran mesin 8000 per menit. Sistem pengapian motor ini sendiri sudah memakai CDI, meski menggunakan sistem AC.


2. Vespa Excel 150

Vespa Excel 150
Vespa 150 Excel memiliki Model yang unik dan bertenaga (Foto: instagram @acb_bdo)

Pada tahun 90-an motor asal Italia ini banyak digunakan oleh para guru. Modelnya yang unik dan antik sangat memorable pada zamannya. Vespa Excel sendiri hadir dengan menggunakan mesin 2-stroke berkapasitas 150cc dan berpendingin udara. Dengan teknologi mesin terbaru dibanding saudara terdahulunya P 150X, Vespa ini mampu memberikan tenaga maksimal sejak putaran mesin masih berada di bawah dan sanggup digeber hingga kecepatan 110 km/jam untuk kondisi mesin standar bawaan pabrik.

Pada masa kejayaannya, Vespa Excel 150 ini merupakan model yang cukup mewah bagi para penggemarnya. Selain itu Vespa Ecel 150 sendiri sangat nyaman dan stabil, apalagi dalam menempuh perjalanan yang cukup jauh. Untuk urusan keselatan dan kenyamanan, Excel telah dilengkapi oleh lampu sein di bagian depan dan belakangnya. Selain itu fitur khas motor Vespa yang tak dimiliki oleh motor jepang juga ada, yakni tersedianya ban serep yang memudahkan penggantian ban jika terjadi kebocoran pada salah satu rodanya.

Baca Juga:

Continental GT 650 dan Interceptor 650, Kebangkitan Motor 2 Silinder Royal Enfield


3. Sepeda Onthel

Sepeda Onthel
Sepeda Onthel pernah berjaya pada masanya (Foto: instagram @berkahmulyo_antik)

Pada tahun 50-an hingga tahun sekitar tahun 70an sepeda ontel merupakan transportasi pribadi layaknya sepeda motor. Banyak masyarakat perkotaan Indonesia yang menggunakan sepeda onthel, tak terkecuali para guru.

Sepeda onthel sendiri mengacu pada sepeda desain Belanda, yang bercirikan posisi duduk tegak serta memiliki reputasi yang sangat kuat dan berkualitas tinggi. Karakteristiknya yakni terdapat rumah rantai tertutup dengan gigi yang tak bisa diubah.

Biasanya pada sepeda ini terdapat dinamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda yang satu ini pun dilengkapi rem tromol untuk sisten pengereman. Di Indonesia sendiri, kala itu banyak merek sepeda onthel dari berbagai negara yang beredar.

Nah itu dia gengs beberapa kendaraan ikonik Guru yang berjaya pada zamannya. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk memiliki salah satunya?. (ryn)

Baca Juga:

Gaharnya Ferrari Roma Dengan Mesin V8 Turbo Paling Bertenaga

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH