Rayakan Hari Anak Nasional di Rumah dengan Kegiatan Seru Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan bersama anak di rumah untuk merayakan Hari Anak Nasional (Foto: pixabay/dassel)

PADA Hari Anak Nasional yang berlangsung hari ini (23/7), ada sejumlah hal yang dapat dilakukan orangtua dan anak untuk merayakannya.

Merayakan Hari Anak Nasional dengan kegiatan kebersamaan orangtua dan anak banyak memiliki manfaat. Seperti halnya menjalin kedekatan yang lebih dalam serta bisa membangun kreativitas dan kepercayaan diri.

Baca Juga:

Cegah Anak Kecanduan Game, Tencent Gunakan Pengenal Wajah

Di tengah situasi pandemi yang membuat para orangtua dan anak harus di rumah saja, merayakan Hari Anak Nasional tetap bisa dilakukan dengan asyik.

Ada banyak kegiatan kebersamaan orangtua dan anak untuk merayakan Hari Anak Nasional (Foto: pixabay/2081671)

Seperti dilansir ANTARA, ada sejumlah kegiatan kebersamaan orangtua dan anak yang bisa dilakukan di rumah untuk merayakan Hari Anak Nasional.

Kegiatan pertama yakni belajar sambil bermain. Saat bermain dengan anak, orangtua bisa membantu anak-anak untuk mengembangkan keahlian mereka. Dari mulai perkembangan motorik anak, kemampuan sosial serta emosional hingga kemampuan dasar aritmatika.

Pada masa pandemi, anak serta orangtua lebih banyak menghabiskan waktu bersama. Momentum itu seharusnya dimanfaatkan untuk memperkuat kedekatan dan hubungan.

Hal tersebut sangat penting karena saat bermain dengan orangtua, anak akan merasakan rasa aman yang tak dirasakan ketika bermain dengan orang lain.

Pembelajaran yang ingin orangtua sampaikan kepada anak pun bisa diterima dengan baik, karena bermain merupakan bentuk komunikasi untuk anak-anak.

Kegiatan asyik kedua bagi orangtua dan anak, yakni bernyanyi bersama. Kegiatan ini bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anak.

Bernyanyi dan bermain musik dengan anak memiliki banyak manfaat (Foto: pixabay/kamkhor)

Menurut Professor Graham Wich dari University of London, bernyanyi bermanfaat bagi anak. Kegiatan itu bisa membangun kepercayaan diri, meningkatkan harga diri, mendorong inklusi sosial, selalu melibatkan emosi, mendukung pengembangan keterampulan sosial, serta kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang istimewa dalam seni.

Selain itu, aktivitas bernyanyi bersama anak pun bisa membantu untuk mempererat hubungan dan menjaga serta memperbaiki suasana hati.

Baca Juga:

Psikolog Ungkap Bahayanya Konten Dewasa Bagi Anak

Kegiatan ketiga yakni bercerita kepada anak. Saat ini dongeng dan cerita rakyat mulai pudar dari kehidupan sehari-hari, karena itu orangtua bisa mengenalkan kembali dongeng dan cerita rakyat kepada anak.

Dongeng dan cerita rakyat memiliki pesan-pesan moral yang baik untuk anak. Selain itu, orangtua pun bisa mendorong anak untuk membaca buku cerita atau dongeng sendiri. Setelah itu, tanya kepada mereka apa yang mereka tangkap dari cerita itu.

Menggambar memiliki manfaat bagi kecerdasan dan suasana hati anak (foto: pixabay/stocksnap)

Kegiatan keempat yang bisa dilakukan orangtua dan anak, yakni menggambar bersama. Biasanya saat anak usia balita hingga awal masuk sekolah, tembok rumah dipenuhi coretan atua gambar dengan spidol, krayon, serta alat tulis lainnya.

Bila terjadi seperti itu, orangtua tak perlu marah, karena menggambar punya banyak manfaat bagi anak, antara lain mengembangkan motorik halus anak, membangun konsentrasi, meningkatkan kepercayaan diri, dan melatih kesabaran anak.

Menariknya, selain memiliki manfaat bagi kecerdasan anak, ikut menggambar bersama anak juga dapat memperbaiki suasana hati anak dan mempererat kedekatan orangtua dengan anak.

Selanjutnya, kegiatan yang kelima yaitu berkreasi dengan video. Pada era digital ini, tentunya para orangtua khawatir akan apa yang ditonton anak.

Karena itu, orangtua harus bisa mengatasi hal itu dengan mendorong anak melihat konten-konten edukatif yang menarik. Seperti halnya infografis atau fun facts yang menarik minat mereka.

Orangtua bisa mendorong anak-anak untuk membuat konten-konten edukatif yang kreatif, serta mudah dinikmati teman-teman mereka. (Ryn)

Baca Juga:

Tips Menangani Anak Nakal dengan Bijak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Make-Up, Modal Cosplayer Negeri Aing Jadi Karakter Anime
Fun
Make-Up, Modal Cosplayer Negeri Aing Jadi Karakter Anime

Apa kamu pernah tertarik dengan dunia cosplay?

Masak Cepat untuk Menu Sahur, Bikin Olahan Bakso
Kuliner
Masak Cepat untuk Menu Sahur, Bikin Olahan Bakso

Kamu pun mesti kreatif dalam mengolah bahan makanan siap saji tersebut.

Bipang Halal Khas Pasuruan
Kuliner
Bipang Halal Khas Pasuruan

Memiliki cita rasa renyah, manis dan wangi.

BTS Umumkan Rencana Konser Live Streaming
ShowBiz
BTS Umumkan Rencana Konser Live Streaming

BTS menyampaikan kabar ini lewat video yang unggah pada akun YouTube mereka dalam durasi yang cukup singkat yaitu 50 detik saja.

Katsugyo Bag, Tas Unik Untuk Bawa Ikan Jalan-Jalan
Fun
Katsugyo Bag, Tas Unik Untuk Bawa Ikan Jalan-Jalan

Tas ini sangat cocok untuk pemilik ikan hias peliharaan, yang ingin berjalan-jalan dengan ikan kesayangan.

Johnny Depp Dipaksa Keluar dari Sekuel Fantastic Beasts
ShowBiz
Johnny Depp Dipaksa Keluar dari Sekuel Fantastic Beasts

Fantastic Beasts 3 saat ini sedang dalam tahap produksi.

Cara Mendidik Anak Agar Selalu Jujur Kepada Orang Tua
Fun
Cara Mendidik Anak Agar Selalu Jujur Kepada Orang Tua

Kunci anak jadi jujur ialah peran orang tua dalam mendidiknya.

Kaus Kaki Perlambang Kepribadian
Fun
Kaus Kaki Perlambang Kepribadian

di pasar terdapat berbagai macam model dan desain dari kaos kaki.

5 Bahan Alami ini Ampuh untuk Rawat Keratin Rambut
Fashion
5 Bahan Alami ini Ampuh untuk Rawat Keratin Rambut

Perawatan keratin rambut di salon cenderung lebih mahal.

Setelah Insiden Penembakan, Penuntun Anjing Lady Gaga Dinyatakan Pulih
Fun
Setelah Insiden Penembakan, Penuntun Anjing Lady Gaga Dinyatakan Pulih

Dia ditembak pencuri yang menculik anjing Lady Gaga.