Deretan Hoaks Fenomenal yang Pernah Gemparkan Indonesia, Satu Negara Tertipu Hoax yang pernah menghebohkan Indonesia (FOTO: ISTIMEWA)

HOAKS masih menjadi isu yang cukup meresahkan di Indonesia. Sebuah informasi yang dipertanyakan keakuratannya di lempar ke publik begitu saja tanpa dipertanggungjawabkan. Beberapa hoaks berhasil diidentifikasi sebagai hoaks sementara yang lainnya dipercaya begitu saja. Masyarakat pun dibuat gempar oleh hoaks yang beredar. Berikut beberapa hoaks yang pernah menggemparkan Indonesia:

1. Telur Ayam Plastik

Hoax telur
Telur plastik (Sumber: Twitter Finance)

Sekitar tahun 2014, isu telur ayam palsu beredar di masyarakat. Peredaran telur plastik tersebut disebut-sebut berasal dari Tiongkok. Sejak tahun 1990an, Tiongkok dikatakan mampu memproduksi telur ayam palsu hingga 1500 butir perhari.

Lebih lanjut disebutkan bahwa telur ayam palsu tersebut dibuat dari zat berbahaya seperti sodium alginat, resin, parafin, hingga serbuk gipsum. Isu tersebut sontak membuat masyarakat resah dan enggan mengonsumsi telur. Itu tentu saja merugikan para peternak ayam dan penjual telur di sejumlah daerah.

Untuk membuktikan kebenaran dari isu tersebut, Satuan Tugas Pangan Polri dan Kementerian Peternakan pun terjun langsung ke lapangan. Petugas menemukan fakta bahwa fenomena meresahkan tersebut ternyata hoaks.

2. Ratna Sarumpaet Dikeroyok Orang Tak Dikenal

Ratna Sarumpaet
Ratna Sarumpaet (FOTO: ISTIMEWA)

Ibunda dari Atiqah Hasiholan ini dikenal sebagai aktivis dan politisi yang begitu vokal terhadap isu-isu nasional. Keberaniannya dalam menyampaikan aspirasi disebut-sebut meresahkan pihak oposisi. Ia pun dikabarkan menjadi korban pengeroyokan pada Jumat (21/9) di sekitar Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Informasi tersebut diperkuat dengan foto-foto dirinya dengan wajah lebam.

Publik pun dibuat simpatik olehnya dan mengecam perbuatan pelaku. Beberapa tokoh pun menyatakan simpatik mendalamnya dengan memberi dukungan moral kepada Ratna. Salah satunya adalah penyanyi dan dokter bedah, Tompi. Ia berniat memberi pelayanan medik secara gratis kepada mertua dari Rio Dewanto tersebut.

Namun, betapa terkejutnya Tompi ketika melihat foto pasca pengeroyokan. Sebagai seorang dokter bedah, ia melihat ada kejanggalan di foto tersebut. "Kok ada luka jahitan di sudut mata kiri dan kanan yang simetris? Kalau orang mukul tidak mungkin simetrikal antara kanan dan kiri," demikian kecurigaan Tompi yang pertama disampaikan.

Selain itu, Tompi mengaku hafal dengan tipe pembengkakan yang dialami oleh Ratna. "Kalau pasien habis operasi face lift, kantung mata, dagu dan lain-lain mirip seperti ini," lanjut Tompi. Kecurigaan Tompi pun terbukti ketika seseorang mengunggah sebuah foto klinik kecantikan dengan latar belakang yang mirip dengan foto Ratna Sarumpaet.

Tak lama, Ratna pun mengakui bahwa luka tersebut ia dapatkan karena operasi plastik bukan pengeroyokan seperti yang dituduhkan. Hoaks meresahkan yang dilemparkan Ratna tersebut membuat ia harus mendekam di jeruji besi tak lama setelah pengakuannya tersebut.

3. Perundungan Bocah SMP di Pontianak

Justice for Audrey
Perundungan bocah SMP (FOTO: ISTIMEWA)

Baru-baru ini, isu perundungan kembali mencuat di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, perundungan tersebut dialami oleh seorang siswa SMP bernama Audrey. Yang lebih mengejutkannya lagi, pelaku yang mengeroyoknya merupakan siswa SMA dari berbagai sekolah di Pontianak, Kalimantan Barat.

Ketika pengeroyokan terjadi disebutkan bahwa Audrey dijambak lalu ditendang hingga tersungkur. Perutnya diinjak. Pelaku juga membenturkan kepala korban ke batu. Mirisnya lagi, korban disinyalir juga mengalami kekerasan seksual dengan memasukkan jari pelaku ke area sensitif korban. Pelaku disebut-sebut bermaksud membuat korban kehilangan keperawanannya.

Hal tersebut tentu mengundang simpatik dari publik. Tak hanya publik dari dalam negeri tetapi juga luar negeri. Salah satu selebritas dunia yang menunjukkan rasa simpatik yakni aktris Bollywood, Kareena Kapoor. Tagar #JusticeforAudrey menggema di sosial media.

Seiring berjalannya waktu, kronologis yang beredar di masyarakat di nilai kurang logis. Luka yang dialami oleh Audrey pun tak separah dengan deskripsi yang dijelaskan. Terkuaklah bahwa pengeroyokan tersebut tak separah yang digembar-gemborkan di publik.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menyayangkan kenyataan yang ada tidak seperti dengan informasi yang viral di media sosial. "Saya sudah mendapat informasi langsung dari Kapolresta Pontianak, Kompol Muhammad Anwar Nasir dan faktanya tidak seperti yang beredar di media sosial," ujarnya kecewa. Ia meminta kepala sekolah yang terlibat untuk memberikan informasi yang benar pada media massa maupun media sosial.

4. Polisi "Selundupan" dari Tiongkok

Polisi dari Tiongkok
Polisi asal Manado yang disebut-sebut asal Tiongkok (Sumber: Instagram/@roccabarayaa)

Pesta demokrasi harus berakhir ricuh setelah sebagian orang menunjukkan kekecewaannya setelah paslon dukungannya dinyatakan gagal melaju ke Istana Negara. Demo "People Power" yang berlangsung pada Rabu (22/5) dihiasi dengan berita kurang sedap yang seolah mengadu domba aparat kepolisian dengan masyarakat. Disebut-sebut bahwa aparat kepolisian yang mengawal demo tersebut "diselundupi" oleh polisi asing asal Tiongkok.

Hal tesebut sempat viral setelah seorang demonstran mengunggah fotonya dengan pria berpakaian polisi yang mengenakan masker. Sekilas terlihat bahwa polisi tersebut memiliki mata kecil dan berkulit putih. Hal tersebut membuat sebagian orang berspekulasi bahwa polisi tersebut adalah orang Tiongkok.

Tak ingin informasi tersebut simpang siur dan meresahkan masyarakat, seorang polisi bernama Rocca Baraya mengonfirmasi bahwa polisi yang disinyalir sebagai polisi Tiongkok tersebut ternyata adalah pemuda asli Indonesia. "Ini junior saya. Dia asli tanah Manado. Salah satu kota di Indonesia yang dikenal pencetak penerus generasi bangsa berfisik rupawan," demikian tulisnya di akun Instagram pribadinya, @roccabarayaa.

Reaksi masyarakat pun beragam mengetahui fakta tersebut. "Pernah liat foto Pak Prabowo waktu muda ngga?? Gantengg banget kan kayak blasteran, mirip orang Mongol gitu. Itu karena ada turunan Manado nya lohhh," ujar salah seorang warganet membalas akun yang menggunggah foto tersebut. (avia)

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia