Deretan Hal yang Tak Boleh Dilakukan Usai Berbuka Puasa, Bisa Berakibat Fatal! Ada beberapa pantangan yang tak boleh dilakukan setelah berbuka puasa (Foto: pixabay/stocksnap)

MOMEN berbuka puasa merupakan suatu hal yang paling ditunggu-tunggu. Betapa tidak, karena usai menahan haus dan lapar dari matahari terbit hingga terbenam, waktu berbuka puasa yang paling dirindukan.

Karena disaat berpuasa seharian, momen berbuka puasa disaat adzan magrib tiba sangatlah nikmat. Apalagi berbuka puasa bersama dengan orang-orang terkasih, kenikmatanya sangat luar biasa.

Namun ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang berbuka puasa. Karena ada hal-hal yang pantang dilakukan usai berbuka, seperti yang dilansir dari Go-Dok, berikut ini ialah deretan hal yang pantang dilakukan usai berbuka.

1. Merokok

Merokok usai berbuka puasa bisa menggagu organ vital pada tubuh (Foto: pixabay/myriams-photos)

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa tidak boleh merokok? Hal itu karena usai makan, peredaran darah di area organ pencernaan akan meningkat, jadi berbagai zat racun pada rokok akan lebih mudah diserap oleh darah.

Hal yang terjadi jika kamu melakukannya, maka akan menggangu berbagai organ vital pada tubuh, seperti hati, ginjal dan usus.

2. Minum Air Putih

Jangan minum air putih berlebihan usai berbuka puasa (Foto: pixabay/congerdesign)

Minum air putih sebaiknya 30 menit setelah makan. Karena pada dasarnya air liur akan membantu proses pencernaan, sekaligus membunuh berbagai bakteri jahat dari makanan. Jadi janganlah minum air putih berlebihan setelah kamu makan, karena akan mengganggu proses tersebut.

3. Sikat Gigi

Jangan langsung menyikat gigi usai berbuka (Foto: pixabay/jennyfriedrichs)

Setelah berbuka puasa, jangan langsung menyikat gigi kamu. Karena menyikat gigi setelah makan bisa mengikis struktur gigi terluar.

Baca juga:

Daftar Makanan Sehat dan Tak Sehat Dikonsumsi di Bulan Puasa

Jadi, sebaiknya setelah makan kamu berkumur dengan air putih. Guna menetralkan perubahan pH yang ada di dalam mulut, karena suasana asam akan melemahkan struktur gigi.

4. Mandi

Berikan jeda waktu untuk mandi setelah berbuka puasa (Foto: pixabay/erikawittlieb)

Setelah kenyang berbuka puasa, kamu jangan langsung mandi, sebaiknya beri jeda waktu sekitar 45 menit. Karena, ketika kamu mandi, tubuh kamu membutuhkan aliran darah ekstra untuk menjaga keseimbangan dari suhu badan.

5. Tidur

Jangan langsung tidur usai berbuka puasa (Foto: pixabay/stocksnap)

Biasanya setelah berbuka puasa dan perut terisi full alias kenyang. Rasa kantuk akan menyerang, disaat itu kamu sebaiknya jangan langsung tidur.

Baca juga:

Asupan Vitamin C dan Zinc Sebelum Puasa Ramadan Sangat Penting, Ini Alasannya

Mengapa demikian? Karena langsung tidur setelah makan bisa memicu risiko refluks, yakni kejadian dimana asam lambung naik dan menyebabkan luka di kerongkongan. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH