Film

Deretan Film Korea Selatan Mengangkat Kehidupan Korea Utara

P Suryo RP Suryo R - Senin, 30 Juli 2018
Deretan Film Korea Selatan Mengangkat Kehidupan Korea Utara
FIlm King 2 Hearts berkisah antara Korea Utara dan Selatan. (Foto: dramabeans)

HUBUNGAN antara Korea Selatan dan Korea Utara terus menjadi sorotan dunia. Ketegangan geopolitik antara dua bersaudara masih berlangsung hingga saat ini. Meski dipisahkan oleh Demilitarized Zone, dua negara ini berbeda 180 derajat.

Korea Selatan dengan budaya pop kulturnya berhasil menghipnotis dunia. Idola asal Korea Selatan pun digandrungi orang-orang dari berbagai belahan dunia. Sementara saudaranya, Korea Utara sangat tertutup dari dunia luar. Pemimpin negara, Kim Jong-un menerapkan sejumlah peraturan bagi turis asing yang hendak berkunjung ke negara tersebut. peraturan yang ditetapkan olehnya membuat negara tersebut semakin terasing dari dunia luar.

Beberapa kali rumah produksi Korea Selatan mengangkat kehidupan Korea Utara dalam drama. Menyajikan cerita tentang Korea Utara tentu bukan tugas yang mudah. Meski demikian, Korea Selatan telah berkasil melakukan pekerjaan yang hebat. Mereka berhasil menyajikan konflik dan kisah dengan dosis yang tepat sesuai dengan kehidupan nyata.

doctor stranger
K-Drama Doctor Stranger. (Foto: noonasoverforks)

Berikut beberapa drama yang mengangkat kehidupan Korea Utara:

1. The Berlin File

Film ini mengisahkan seorang agen Korea Utara yang ditempatkan di Berlin. Di sana ia dan istrinya yang seorang penerjemah sedang dalam pelarian. Dirinya dikejar oleh Korea Utara dan Korea Selatan. Film spionase yang dirilis tahun 2013 ini memenangkan banyak penghargaan salah satunya Aktor Terbaik oleh Ha Jung Woo.

2. King 2 Hearts

Dalam drama ini, Korea Selatan digambarkan sebagai negara berbentuk monarki konstitusional. Lee Jae-ha (Lee Seung-gi) adalah putra mahkota Korea Selatan yang tampan dan matrealistis. Ia tak peduli dengan politik dan kedudukannya yang berada di urutan kedua tahta. Dirinya dijodohkan dengan Kim Hang-ah (Ha Ji-won), seorang Petugas Pasukan Khusus Korea Utara sekaligus putri Jenderal Komando Tinggi Militer Korea Utara. Meski keduanya saling membenci pertama kali, lambat laun hubungan keduanya berubah menjadi pertemanan. Jae-ha pun mulai jatuh cinta dengan Hang-ah.

3. Spy Myung Wol

spy myung wol
(Foto: thetalkingcupboard)

Seorang mata-mata Korea Utara bernama Han Myung-wol (Han Ye-seul) dikirim ke Korea Selatan. Di sana ia ditugaskan untuk menculik aktor top Korea Selatan, Kang Woo (Eric Mun). Untuk memudahkan aksinya, ia menyamar menjadi aktris cantik. Tanpa diduga, ia jatuh cinta dengan Kang Woo.

4. Secretly Greatly

Film action comedy-drama yang dibintangi Kim Soo-hyun, Park Ki-woong dan Lee Hyun-woo ini menceritakan tentang mata-mata Korea Utara bernama 5446 Corps yang menyusup ke Korea Selatan. Ketika di Korea Selatan mereka menyamar menjadi pemuda desa yang idiot, musisi rock, dan siswa SMA. Mereka berbaur dengan masyarakat sekitar sembari menunggu komando dari pemerintah. Hingga suatu hari, misi mereka berubah. Pemerintah Korea Utara memerintahkan mereka untuk melakukan bunuh diri.

5. As One

as one
(Foto: x-tabletennis)

As One mengangkat kisah pascaperang pertama antara Korea Selatan dan Korea Utara. Dalam World Table Tennis Championships 1991 di Chiba, Jepang, delegasi Korea Selatan dan Korea Utara bertanding dalam satu unit di bawah bendera Unifikasi Korea. Atlet tenis meja asal Korea Selatan Hyun Jung-hwa (Ha Ji-won) harus bekerjasama dengan atlet Korea Utara, Ri Bun-hui (Bae Donna). Selama di Chiba, pertikaian dan pertengkaran kerap terjadi di antara keduanya. Di akhir cerita mereka berhasil tampil sebagai juara.

6. Peninsula

Drama dengan biaya fantastis ini menggambarkan Korea di masa depan yang telah bersatu. Kisah ini semakin menarik ketika seorang ilmuwan Korea Selatan, Seo Myung-joon (Hwang Jung-min) jatuh cinta dengan ilmuwan Korea Utara, Im Jin-jae (Kim Jung-eun) saat mengembangkan sumber energi alternatif bersama. Ketegangan antara kedua belah pihak muncul saat Myung-joon diangkat menjadi presiden Korea Bersatu karena perjuangan untuk sumber daya alam terbatas terus memecah belah negara. Myung Joon berusaha keras untuk mempertahankan kepentingan kedua pihak yang saling bertentangan demi mempertahankan aliansi baru.

7. Iris

Drama dengan budget termahal ini mengisahkan tentang dua sahabat yang seperti saudara benama Kim Jyun-jun (Lee Byung-hun) dan Jin Sa-woo (Jung Joon-ho) yang berlatih di bawah Pasukan Khusus Batalyon 707. Mereka dibina oleh NSS (National Security Service) secara independen. Dalam proses pembinaan, mereka jatuh cinta dengan pembina mereka Choi Seung-hee (Kim Tae-hee). Setelah dibentuk, mereka harus bersaing dengan tentara asal Korea Utara.

8. Doctor Stranger

doctor stranger
(Foto: Soompi)

Park Hoon (Lee Jong-suk) dan ayahnya Park Cheol (Kim Sang-joong) ditipu dan dikirim ke Korea Utara. Setelah dikirim ke sana, ia dan ayahnya ditolak untuk kembali ke negaranya. Di Korea Utara, Park Hoon dilatih oleh ayahnya yang seorang dokter menjadi ahli bedah. Ia benjadi ahli bedah kardiotoraks jenius setelah belajar di sekolah kedokteran di Korea Utara. Di sana, ia jatuh cinta dengan gadis Korea Utara, Song Jae-hee (Jin Se-yeon). Setelah sang ayah meninggal, ia melarikan diri ke Korea Selatan dengan Jae-hee. Sayangnya, Jae-hee ditangkap oleh pemerintah setempat dan dimasukkan ke penjara. Park Hoon pun kehilangan kontak dengan gadis yang dicintainya tersebut. Di Korea Selatan ia bertemu dengan dokter yang mirip dengan Jae-hee bernama Han Seung-hee. Han Seung-hee mengaku tak mengenal Park Hoon.

9. City Hunter

Film ini menceritakan tentang pemerintah Korea Selatan yang mengirimkan pasukan ke Korea Utara. Dalam operasi tersebut, tentara Korea Selatan berhasil memenangkan pertempuran. Keberhasilan mereka tak mendapat sambutan positif dari Pemerintah Korea Selatan. Pemerintah takut apabila Amerika Serikat tahu operasi tersebut akan menarik seluruh bantuannya. Pemerintah mengutus penembak jitu untuk menghabisi tentara-tentara tersebut dan menghapus riwayat hidup seluruh tentara yang bertugas. Salah satu tentara selamat merasa sakit hati dan membentuk putra angkatnya, Lee Yon-sung (Lee Min-ho) untuk balas dendam kepada pemerintah.

10. Descendants of the Sun

Dalam salah satu adegan, Alpha Team yang dipimpin oleh Kapten Yoo Shi-jin (Song Joong-ki) ditugaskan ke Demilitarized Zone untuk operasi khusus. Di sana mereka harus berhadapan dengan tentara asal Korea Utara. (avia)

#Film Korea
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan