Deretan Artis Korea Ini Berjasa Ubah Nasib Agensinya Artis ini berjasa bawa agensinya menjadi sukses (Sumber: Berbagai Sumber)

DALAM industri hiburan Korea, agensi memiliki peran penting dalam menentukan kesuksesan artis yang mereka bina. Untuk agensi yang sudah memiliki nama besar, tentu tidak sulit untuk mempromosikan artis. Sementara agensi-agensi kecil yang bahkan belum memiliki nama, ini merupakan tantangan untuk memperkenalkan artis mereka. Jangankan untuk mempromosikan artis, untuk membangun reputasi saja mereka mengalami kesulitan.

Tetapi, kadang-kadang apa yang terjadi bisa sebaliknya. Seorang artis justru berperan penting dalam menentukan kesuksesan agensi tempat ia bernaung. Berikut adalah beberapa selebritas yang dapat membuat agensi kecil menjadi agensi besar dan sukses:

Baca juga:

Sebelum Sukses dengan Idola Grup, Selebriti Korea Ini Mengawali Karir Sebagai Penyanyi Solo

1. BTS - Big Hit Entertainment

Big Hit
gedung Big Hit Entertainment dulu dan sekarang (Sumber: berbagai sumber)

Awalnya Big Hit Entertainment hanya agensi kecil. Kantornya terletak di dalam ruko kecil. Situasi berubah secara dramatis setelah debut BTS. Ketenaran BTS di Asia dan Amerika memberi dampak bagi agensi. Bangunan baru mereka menunjukkan berapa banyak BTS berkontribusi pada kesuksesan Big Hit Entertainment.

2. BIGBANG - YG Entertainment

YG Entertainment
Gedung YG Entertainment dulu dan sekarang (Sumber: Various Sources)

Banyak yang berpikir YG Entertainment berjasa dalam membentuk BIG BANG sebagai idola grup legendaris. Namun fakta mengejutkan diungkapkan oleh pendiri YG Entertainment, Yang Hyun-suk. Dirinya justru mengatakan sebaliknya. Di berbagai kesempatan, ia selalu menunjukkan BIGBANG lah yang menciptakan YG Entertainment hingga menjadi agensi yang diperhitungkan. Gedung lama mereka menunjukkan betapa besar peran BIGBANG dalam berkembangnya YG Entertainment.

3. IU - LOEN Entertainment

LOEN
IU di LOEN Entertainment (Sumber: Berbagai Sumber)

IU memulai debutnya sebagai artis solo pada 2008. Lagu yang dirilisnya pada 2010, Good Day membuatnya meraih puncak popularitas di tahun 2010. Ia pun memantapkan dirinya sebagai salah satu penyanyi solo Korea. Tak puas sampai disitu, ia mengembangkan karir sebagai aktris dan kini menjadi salah satu aktris paling terkenal di Korea Selatan. Hal tersebut membuat agensinya, LOEN Entertainment juga meraih kesuksesan besar.

Baca juga:

Alasan Pemulihan Corona di Korea Selatan Berlangsung Cepat

4. INFINITE - Woollim Entertainment

Woollim Entertainment
Woollim Entertainment (Sumber: One Hallyu)


INFINITE melewati masa yang cukup sulit ketika memulai debutnya dengan Woollim Entertainment. Mereka bahkan harus bertahan hidup di asrama yang tidak layak. Kesulitan-kesulitan ini tidak menjadi hambatan bagi INFINITE untuk mencapai kesuksesan. Mereka bahkan membantu perekonomian agensi dan membuat Wolliim Entertainment mengembangkan bisnisnya di sektor lain, yaitu pembangkit listrik.

5. MAMAMOO - RBW Entertainment

Mamamoo
Gedung RBW Entertainment di Vietnam (Source: Twitter / @ mishbyulbyi)

Sebelum MAMAMOO debut pada tahun 2014, tidak banyak orang yang tahu tentang agensi RBW Entertainment. Setelah mereka debut dan mencapai kesuksesan, itu membantu pertumbuhan ekonomi RBW Entertainment. Sekarang RBW Entertainment dapat mendirikan gedung baru di Vietnam. (avia)

Baca juga:

Song Joong Ki Harus Jalani Karantina Virus Corona Setelah Lakukan Hal Ini

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH