Deretan Artis K-Pop yang Meninggal di Puncak Karier Dunia hiburan Korea Selatan menyimpan berbagai cerita kelam. (Foto: Jforyou)

K-POP bukan sebatas diKorea Selatan saja. Pengaruh dan popularitasnya sudah melintas batas negara. Sayangnya dunia hiburan di negeri ginseng menyimpan juga cerita kelam. Banyak lika-liku yang mereka hadapi sebelum menjadi terkenal sampai sekarang.


Berikut ini adalah 5 artis korea yang meninggal sebelum berumur 30 tahun dengan karier yang tengah cemerlang.

1. Jonghyun SHINee

jonghyun
Jonghyun SHINee (Foto: instagram@90shearthrobs)


Kematian K-Pop idol yang masih menegejutkan para penggemar sampai sekarang. Kematian lead vokal SHINee ini masih mengejutkan bagi Shawol, sapaan untuk fans SHINee.

Pria bernama lengkap Kim Jonghyun meninggal tanggal 18 Desember 2017. Dia diduga bunuh diri dengan cara menghirup asap dari pembakaran briket batu bara. Dia ditemukan tidak sadarkan diri di apatremen daerah Cheongdam, dengan briket batubara yang terbakar di wajan. Nyawanya tidak tertolong di rumah sakit Seoul.

Sebelum mengakhiri hidupnya dia mengirim SMS kepada kakak perempuannya. Dia juga memberikan isyarat kepada fansnya lewat lagu-lagu yang dibuatnya yang menyatakan kalau dia sedang depresi.

2. EunB Ladies Code

eunB
EunB Ladies Code. (Foto: instagram@kpop_forever790)

Girlband Ladies Code dibentuk pada 2013 dan merilis banyak single yang sukses sebelum akhirnya membuat album pertama pada tahun 2014. Sayangnya terjadi tragedi yang mengguncangkan pada tahun tersebut. Mobil yang ditumpangi anggota girlband mengalami kecelakaan setelah selesai syuting acara TV.

Mobil yang mereka tumpangi terpeleset dan menabrak pembatas jalan. Salah satu member RiSe cidera berat dan langsung dibawa ke rumah sakit. Sementara EunB dinyatakan meninggal di lokasi kejadian.


3. RiSe Ladies Code

RiSe
RiSe Ladies Code (Foto: instagram@bittalouise)


RiSe menyusul sahabatnya EunB empat hari kemudian. Meskipun sempat menjalani operasi namun nyawanya tak tertolong. RiSe meninggal diusia 23 tahun pernah menjadi Miss Korea dan menjadi model sebelum bergabung dengan Ladies Code.

4. Jang Ja Yeon

jang ja yeon
Jang Ja Yeon. (Foto: instagram@coolyoyo4)

Jang Ja Yeon adalah salah satu pemain dalam drama Korea, Boys Before Flower. Dia ditemukan tewas bunuh diri dengan cara menggantung diri di rumahnya di distrik Bundang Songnam, Provinsi Gyeonggi pada 7 Maret 2009. Jang Ja Yeon menulis surat tangan sebelum mengakhiri hidupnya. Dalam surat itu, dia menceritakan tentang penderitaannya selama satu tahun menjadi korban kekerasan fisik dan pelecehan seksual yang dilakukan oleh 31 pria. Di antara 31 orang tersebut, ada produser film dan drama, petinggi perusahaan pers, manajer, sutradara, dan masih banyak. Dia diancam tidak mendapatkan dukungan finansial dari sponsor jika menolak.

Kasusnya ini sempat ditutup baru pada Februari 2018 muncul petisi Blue House dengan 230 ribu tanda tangan. Ini mendesak jaksa penuntut umum untuk menyelidiki kasusnya kembali.


5. Ahn So Jin

ahn so jin
Ahn So Jin. (Foto: billboard.com)


Ahn So Jin adalah salah satu finalis dari acara bakat untuk memilih anggota baru girlband Korea KARA. Dilansir dari grunge.com, perempuan berusia 22 tahun ini berhasil mencapai 4 besar, sayangnya langkahnya kemudian gagal. Tapi harapannya tidak sirna, So Jin telah tercatat sebagai "trainee" untuk label besar selama bertahun-tahun sebelum menjadi peserta "KARA Project". Dia diumumkan menjadi anggota girlband 'April' pada tahun 2015.

Saat masa pelatihan So Jin diam-diam menjauh dari kelompok. All Kpop menyebutkan kalau dia depresi. Sebulan setelah label melepaskannya, So Jin melompat dari lantai 10 apartemennya. Dia dilarikan ke rumah sakit, tapi nyawanya tidak tertolong pada 24 Februari 2015. (sel)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH