Deretan Artis dan Selebgram yang Memprotes RUU KPK Hingga RKUHP Sejumlah artis dan selebgram tanah air melayangkan protes keras terhadap RUU KPK dan RKUHP (Foto: kolase merahputih/Instagram @awkarin & @tamarablszynskiofficial)

SEJAK tanggal 23-24 September 2019, kondisi di Indonesia kian memanas. Telah terjadi sejumlah aksi unjuk rasa dari mhasiswa dari berbagai wilayah. Salah satunya aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta.

Aksi unjuk rasa di sejumlah wilayah dilakukan lantaran RUU KPK dan RKUHP yang menuai kontroversi. Sejumlah pihak pun merasa keberatan dengan disahkannya revisi undang-undang tersebut.

Baca Juga:

7 Meme Kocak Aksi Demo Mahasiswa di Gedung DPR

Karena ada beberapa pasal yang dianggap merugikan masyarakat serta mengusik rasa keadilan. Namun tak hanya mahasiswa yang bergerak turun kejalan untuk melayangkan protes lewat unjuk rasa. Sejumlah selebritas hingga selebgram Indonesia pun tak mau hanya berdiam diri saja.

Beberapa selebritas, selebgram hingga sutradara film ternama tanah air pun tak mau ketinggalan menyampaikan kegelisahannya pada RUU KPK dan RKUHP.

Lewat media sosial dengan puluhan ribu, bahkan jutaan followers, para public figure berikut ini menyampaikan protesnya terkait kontroversi tersebut.

1. Tamara Bleyzenski

Artis senior Tamara Bleszynski tampak sangat geram lantaran adanya Rancangan Kitab Undang Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang disepakati Komisi II DPR serta pemerintah, pada rapat kerja pembahasan Tingat I.

Salah satu hal yang membuat aktris kelahiran Bandung, 25 Desember 1974 ini ialah poin yang menyebutkan jika gelandangan dapat didenda.

Melihat hal itu, Tamara pun melontarkan beberapa unggahan dimedia sosial dengan sindiran halus berupa foto 'gelandangan' dan caption menyentuh hati.

"Semoga..malam mendengar bisikku, semoga pagi kesejahteraan mendengar piluku. Aku memang hanyalah manusia biasa, aku tdk punya apapun kecuali harapan dan doa utk masa depan yg lebih baik, bukan hanya utkku..tapi untuk Kita semua" tulis tamara pada keterangan foto di akun instagram pribadinya @tamarableszynskiofficial

"Dan mungkin..di negeri dogeng, justru mereka yg berlebihan “Pamer Hartanya” yg mustinya kena denda; karena kan berlebihan sangat hartanya..jadi dendanya bisa membantu mereka yg kekurangan. #khayalankutingkattinggi #menundabukanberati" tambah Tamara pada keterangan foto di unggahan lainnya.

2. Melanie Subono

Melanie Melakukan protes keras terhadap RKUHP dan beberapa hal lainnya (Foto: screenshot instagram @melaniesubono)

Penyanyi Melanie Subono terus melayangkan proses kerasnya terhadap RUU KPK dan RKUHP. Melanie melakukan protes lewat akun instagramnya. Ia mengungkapkan dukungan pada aksi unjuk rasa mahasiswa., Ia tegas melakukan desakan pada 7 hal, seperti yang terlampir pada unggahan instagram storynya.

Selain itu, Melanie juga bangga dengan aksi unjuk rasa yang telah dilakukan oleh para Mahasiswa di Gedung DPR/MPR. Melanie pun dengan lantang menuliskan rasa hormatnya pada Mahasiswa.

"Angkatan 2019 itu ADA , dan saya BANGGA !!!!! ini SEJARAH KALIAN ! Hormat. - - #reformasidikorupsi #indonesiadaruratpejabatwaras #katamel #diarymel #melaniesubono #malaikatbrengsek #generasipenerusbangsat #peminumbertanggungjawab #gembeltapikece" tulis melanie

Baca Juga:

Massa Aksi Bakar Pospol Palmerah, Penumpang Kereta Api Terdampak

3. Awkarin

Awkarin bagikan ribuan nasi kotak untuk para mahasiswa yang lakukan aksi demo (Foto: Instagram @awkarin)

Selebgram ternama Awkarin secara mengejutkan menjadi perhatian publik, ditengah panasanya suasana Jakarta dengan aksi unjuk rasa para mahasiswa. Dara cantik berusia 21 ini, rela berpanas-panasan demi membagikan nasi kotak untuk para mahasiswa yang melakukan aksi demo. Hal itu terlihat pada unggahan instagram story yang diunggah oleh Awkarin.

Pada keterangannya, Awkarin menuliskan "Perjuangan banget mau nganterin 3000 nasi kotak buat kakak2 yg lg demo :") hari ini sepertinya semua kerjaanku harus dipost pone demi mengantarkan makanan untuk mereka yang sudah hebat dan lelah seharian diajalan, doakan kami!"

4. Joko Anwar

Joko Anwar layangkan protes tentang RKUHP (Foto: Mp/Albi)

Sutradara kondang Joko Anwar pun turut melayangkan protes tentang RKUHP. Lewat akun twitternya, Sutradara film Gundala ini ikut mendesak Presiden Jokowi agar tak meresetui revisi tersebut.

Pada unggahannya di akun twitter pribadinya @jokoanwar, dia menandatangani dan membagikan tautan petisi online untuk Jokowi.

"Presiden @Jokowi, Jangan Setujui RKUHP di Sidang Paripurna @DPR_RI. #SemuaBisaKena - Tandatangani Petisi! http://chng.it/C7R5v7Hk via @ChangeOrg_ID" tulis Joko Anwar pada akun twitternya.

Selain itu, dalam unggahan lainnya, Joko memberikan semangat para mahasiswa yang melakukan aksi unjuk rasa.

"Selamat berjuang, teman-teman mahasiswa! Kami bangga!!" Lanjut Joko.

5. Arie Kriting

Arie Kriting berharap DPR RI bisa mendengarkan suara rakyat (Foto: instagram @arie_kriting)

Komika sekaligus aktor ternama tanah air Arie Kriting, juga melakukan protes pada berbagai persoalan yang kini tengah menjadi sorotan, hingga memicu aksi unjuk rasa besar-besaran dari Mahasiswa. Arie Berharap jika DPR RI mendengarkan suara rakyat. (ryn)

Baca Juga:

Aparat Amankan Dua Orang Mahasiswa dalam Kondisi Mabuk

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Merah Putih Kasih Fondation Salurkan Bantuan Perlengkapan Medis ke 6 Rumah Sakit
Fun
Merah Putih Kasih Fondation Salurkan Bantuan Perlengkapan Medis ke 6 Rumah Sakit

Para anggota satgas posko seolah tak pernah berhenti bekerja menampung dan menyalurkan bantuan ke berbagai pihak

Sempat Hebohkan Dunia Maya, Akhirnya Peretas Server Nintendo Dibekuk FBI
Fun
Blue Ivy, Putri dari Beyonce dan Jay-Z Masuk Nominasi BET Awards 2020
ShowBiz
Blue Ivy, Putri dari Beyonce dan Jay-Z Masuk Nominasi BET Awards 2020

BET Awards merupakan salah satu ajang penghargaan paling terkenal di AS.

3 Lagu Untuk Kamu yang Lelah Menjalani HTS
Fun
3 Lagu Untuk Kamu yang Lelah Menjalani HTS

Jika pasangan kamu tidak kunjung menyatakan perasaan atau hanya ingin hubungan tanpa status (HTS) yang enggak kejelasan, yuk putar ketiga lagu ini on repeat!

Kodak Banting Setir Jualan Vaksin Virus Corona
Hiburan & Gaya Hidup
Kodak Banting Setir Jualan Vaksin Virus Corona

Vaksin siap diuji coba pada manusia.

Ratu Elizabeth Dikarantina Dengan 22 Anggota Staf Kerajaan
Fun
Ratu Elizabeth Dikarantina Dengan 22 Anggota Staf Kerajaan

Antisipasi penularan COVID-19 memilih menetap di Kastil Windsor

Kit Ducati Panigale V4 R dari Lego
Fun
Kit Ducati Panigale V4 R dari Lego

Merupakan kolaborasi Lego dengan Ducati.

Wush! Roket NASA-SpaceX Sukses Meluncur
Fun
Wush! Roket NASA-SpaceX Sukses Meluncur

Akan menuju Stasiun Angkasa Luar Internasional (ISS).

Museum Bawah Laut Paling Keren di Dunia
Travel
Museum Bawah Laut Paling Keren di Dunia

Beberapa museum bawah laut menawarkan pengalaman tak terlupakan

Amazon Prime Peringatkan Pelanggan Adanya Penipuan
Fun
Amazon Prime Peringatkan Pelanggan Adanya Penipuan

Adanya peringatan dari Amazon tentang usaha penipuan.