Depresi dan Kecemasan, Tidaklah Sama Rasa cemas biasanya hanya berlangsung dalam waktu singkat. (Pixabay/counselling)

ORANG kerap terlihat dalam suasana hati yang buruk setelah menjalani hari yang buruk. Ia hanya duduk, merenung, dan mengatakan kalau dirinya merasa hampa. Orang lain menyebut itu sebagai rasa cemas yang wajar. Namun, sebagian lainnya menyebut itu sebagai gejala depresi.

Namun, apakah itu benar depresi? Atau hanya sekadar ungkapan yang hiperbola saja? Menurut psikiater Dr. Benjamin Janaway, cara sederhana yang membedakan antara rasa cemas (anxiety) dengan depresi adalah melalui perasaan hampa itu sendiri.

Baca Juga:

Makanan Sehat Menunjang Kesehatan Mental

cemas
Sama-sama terasa hampa, anxiety dan depresi punya dasar yang berbeda. (Pexels/Pixabay)

Biasanya, rasa hampa pada anxiety hanya berlangsung sesaat saja. Sedangkan pada depresi, perasaan ini bisa bertahan lebih lama dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Menganalisis perilaku dan pengalaman seseorang juga bisa menjadi salah satu kuncinya.

“Perasaan rendah diri yang berlangsung terus, hilangnya energi dan semangat hingga memengaruhi kegiatan sehari-hari seperti makan, tidur, bersosialisasi, dan hilangnya harapan bisa jadi salah satu tanda depresi,” ungkap Janaway seperti yang diterjemahkan dari Life Hacker, Rabu (14/9).

Anxiety sederhananya adalah rasa cemas dan takut akan sesuatu yang dirasa akan terjadi di masa depan. Perasaan ini bisa hadir dalam gejala fisik maupun pola pikir seseorang. Pada fisik, misalnya telapak tangan yang berkeringat, ekspresi yang cemas, serta wajah yang pucat. Sementara pada pola pikir terlihat seseorang menghindari perlakuan tertentu, menolak untuk melakukan sesuatu, atau bersikap tertutup. Biasanya perilaku ini hanya muncul sesaat dan akan hilang dalam waktu yang cenderung singkat.

“Penting bagi orang lain untuk paham kalau anxiety itu normal. Hal ini merupakan bentuk pertahanan diri dari hal-hal yang dirasa berbahaya,” ungkap psikolog klinis Jonathan Stea.

Kalau depresi sebenarnya memiliki dasar yang mirip seperti anxiety. Namun, perasaan negatif pada depresi berlangsung lama dan cenderung diikuti oleh kondisi mental lainnya seperti bipolar. Depresi kerap kali dipicu oleh rasa kehilangan dan akhirnya berdampak ke sisi emosi, fisik, dan cara bersosialisasi. Dalam kondisi yang lebih serius, orang-orang yang menderita depresi akan mulai kehilangan ketertarikan dengan dunia nyata dan tenggelam dalam imajinasi mereka sendiri.

Baca Juga:

Bagaimana Menghadapi Suami Narsis

depresi
Depresi merupakan perasaan kehilangan yang membuat diri merasa tak semangat menjalani hidup. (Pexels/Nathan Cowley)

Meski berbeda, nyatanya seseorang bisa mengalami anxiety dan depresi sekaligus. Ketakutan akan masa depan bisa memicu rasa rendah diri dan hampa pada diri seseorang. Stigma yang negatif juga cenderung akan memperburuk kondisi mental.

Lalu, kapan saat yang tepat untuk mencari pertolongan? Bantuan sebenarnya bisa datang dalam bentuk yang beragam, seperti pertolongan dari ahli profesional (dokter, psikolog, atau psikiater) maupun orang awam yang tepat (sahabat, pasangan, atau keluarga). Janaway dan Stea menyebutkan bahwa seseorang butuh bantuan ketika rasa takut dan hampa tadi mulai memengaruhi hidup mereka.

“Misalnya seseorang yang terpikirkan dan berencana untuk mengakhiri hidup mereka akibat rasa hampa setelah putus dari kekasih itu bukanlah hal yang umum dilakukan,” tutur psikiater tersebut.

Bantuan dan perawatan bagi orang depresi dan/atau anxiety bisa jadi berbeda-beda tergantung pada kondisi tiap orang. Tindakan yang diambil biasanya disesuaikan dengan gejala, masalah, dan kondisi kesehatan fisik serta mental.

Cara yang paling umum adalah cognitive-behavioral therapy, di mana seorang ahli mencoba mengubah pikiran negatif seseorang guna meringankan kesedihan yang dirasakan. Pada kondisi tertentu, pertolongan yang diberikan merupakan kombinasi dari terapi dan obat-obatan. (mcl)

Baca Juga:

Recharge Diri Sendiri, Lakukan Detoks Media Sosial

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Anniversary Ke-10, Jin-young GOT7 Segera Rilis Album Solo Baru
ShowBiz
Anniversary Ke-10, Jin-young GOT7 Segera Rilis Album Solo Baru

Perayaan hari jadi ke-10 Jin-young terjun sebagai entertainer di industri hiburan Korea Selatan.

Printer Tetap Dibutuhkan di Era Digital
Fun
Printer Tetap Dibutuhkan di Era Digital

Masih banyak dokumen perlu dicetak menggunakan printer.

Tips Menciptakan Area Hobi Nyaman di Rumah
Fun
Tips Menciptakan Area Hobi Nyaman di Rumah

Berkreasi membuat suatu ruangan khusus sebagai area hobi keluarga.

Lagi, Balapan Isle of Man TT Memakan Korban
Fun
Lagi, Balapan Isle of Man TT Memakan Korban

Olivier Lavorel tewas saat balapan Sidecar.

Mercedes Siapkan Vision AMG, Calon Mobil Listrik Terkencang
Fun
Mercedes Siapkan Vision AMG, Calon Mobil Listrik Terkencang

Diprediksi hadir di tahun 2025 mendatang.

Metode Bradley, Teknis Melahirkan Normal Minim Sakit
Fun
Metode Bradley, Teknis Melahirkan Normal Minim Sakit

Metode persalinan yang membantah, persalinan alami itu menimbulkan sakit.

Begadang Jangan Begadang!
Fun
Begadang Jangan Begadang!

Kurang tidur bukanlah hal yang bisa disepelekan begitu saja.

Vietnam Beri Pesan Hangat di Upacara Penutupan SEA Games 2021
Hiburan & Gaya Hidup
Vietnam Beri Pesan Hangat di Upacara Penutupan SEA Games 2021

Upacara penutupan SEA Games 2021 digelar di My Dinh Indoor Athletics Arena.

Mina TWICE Bagikan Tips Skincare
Fun
Mina TWICE Bagikan Tips Skincare

Ada rangkaian panjang perawatan wajah yang harus dijalani secara telaten dan konsisten.