Depo Plumpang Sudah Kembali Beroperasi Pasca Tragedi Kebakaran

Mula AkmalMula Akmal - Sabtu, 04 Maret 2023
Depo Plumpang Sudah Kembali Beroperasi Pasca Tragedi Kebakaran
Sejumlah petugas berusaha memadamkan api yang membakar rumah warga imbas kebakaran Depo Pertamina Plumpang, kawasan Jalan Koramil, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023). ANTARA FOT

MerahPutih.com - Pertamina memastikan operasional dari Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, beroperasi kembali, Sabtu (4/3) ini.

"Kegiatan operasional di terminal BBM ini sudah mulai beroperasi kembali semenjak status emergency sudah dicabut per pagi tadi,” ujar VP Corporate Communication PT Pertamina, Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya.

Baca Juga:

Tim DVI Polri Identitfikasi 14 Korban Tewas Tragedi Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Selain dari pendistribusian ke berbagai wilayah dan juga operasionalnya, Fadjar juga memastikan pemberian dan pelayanan maksimal terhadap para korban terdampak kebakaran.

"Untuk penanganan pengungsi sejak semalam dari CSR PT Pertamina terus memberikan bantuan kepada para pengungsi di sekitar lokasi kejadian," ucapnya.

Menurut dia, Pertamina bertanggung jawab dan berkomitmen untuk terus memberikan yang terbaik untuk para korban.

"Termasuk biaya perawatan bagi korban luka dan santunan untuk korban jiwa," jelasnya.

Sekedar informasi, berdasarkan data terakhir yang dipublikasikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pukul 01.16 WIB, 17 orang meninggal dunia, bertambah satu orang dibanding data sebelumnya.

Kemudian, terdapat 51 korban luka, dengan rincian 49 korban luka berat dan dua korban luka sedang.

Baca Juga:

Pemprov DKI Tanggung Biaya Pengobatan Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Para korban sebagian besar mengalami luka bakar dan telah menjalani perawatan di sejumlah rumah sakit.

Hingga kini, tim SAR gabungan masih berada di lokasi kebakaran untuk mencari kemungkinan korban lain di antara puing-puing bangunan yang telah hangus terbakar.

Kebakaran hebat di Depo Pertamina Plumpang di Jalan Tanah Merah Bawah Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, terjadi pada Jumat (3/3) malam.

Api pertama kali dilaporkan muncul pada pukul 20.11 WIB, berasal dari ledakan pipa bahan bakar minyak (BBM) di area Depo.

Kepala Seksi (Kasie) Ops Damkar Jakarta Utara, Abdul Wahid menjelaskan bahwa berdasarkan informasi awal yang didapatkan, pipa yang dialiri oleh BBM tersebut meledak karena tersambar petir. (Knu)

Baca Juga:

Pertamina Harus Pastikan Suplai BBM Tak Terganggu Imbas Kebakaran Depo di Plumpang

#Kebakaran #Pertamina
Bagikan
Bagikan