Depan Ribuan Perangkat Desa, Tommy Soeharto Singgung Utang Negara Sebesar Rp5000 Triliun Tommy Soeharto berbicara kepada awak media di Boyolali, Jawa Tengah (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto terpilih menjadi Ketua Dewan Pembina Persatuan Rakyat Desa (Parade) Nusantara periode 2020-2024.

Pengukuhan Tommy sebagai Ketua Dewan Pembina Parade Nusantara berlangsung dalam rapat koordinasi nasional (rakornas) di aula Embarkasi Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (1/3).

"Saya terima amanat ini dengan penuh tanggungjawab. Program kerja sudah disiapkan diantaranya fokus pada perbaikan di dua bidang, yakni bidang ekonomi dan sosial politik," ujar Tommy pada merahputih.com.

Tommy mengklaim sejak era reformasi yang sudah berjalan 19 tahun belum ada masyarakat di pedesaan yang merasakan adanya pembangunan secara riil. Di desa-desa justru harga-harga kebutuhan pokok semakin naik.

Tommy Soeharto terpilih menjadi ketua dewan pembina Parade Nusantara
Tommy Soeharto saat terpilih menjadi Ketua Dewan Pembina Parade Nusantara (MP/Ismail)

"Pendapatan masyarakat tidak mengalami kenaikan. Sementara harga kebutuhan pokok terus naik. Ini problem serius di desa," kata dia.

Ketua Umum Partai Berkarya ini berjanji bakal memperbaiki keadaan bangsa dan negara ini. Tommy Soeharto juga menyinggung pemerintah soal besaran nilai utang negara yang sudah mencapai lebih dari Rp5.000 triliun.

"Utang tersebut sangatlah besar. Sampai saat ini tidak ada kepastian kapan utang-utang tersebut bisa dilunasi. Kita sangat prihatin dengan kondisi bangsa," kata dia.

Beban hutang yang sangat tinggi, lanjut dia, bisa membuat ekonomi bangasa ini tidak stabil dan mudah digoyang oleh faktor eksternal. Sebagian besar utang tersebut untuk pembangunan inftrastruktur.

"Utang tersebut bakal ditanggung oleh anak cucu kita semua. Saya tidak anti hutang, tapi hutang harus disesuaikan dengan kemampuan negara," kata dia.

Tommy Soeharto menambahkan Partai Berkarya siap bersinergi dengan Parade Nusantara dalam membangun desa. Koordinasi dengan perangkat desa juga diperlukan untuk mendorong desa menjadi mandiri.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, repoter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya.

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Terdakwa Kasus Suap PLTU Riau-1 Eni Saragih Divonis Enam Tahun Penjara



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH