Densus Geledah Kantor LSM Syam Organizer Terkait Dugaan Penggalangan Dana Terorisme

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 18 Agustus 2021
Densus Geledah Kantor LSM Syam Organizer Terkait Dugaan Penggalangan Dana Terorisme
Ilustrasi penangkapan teroris (ANTARA/HO)

Merahputih.com - Densus 88 Antiteror Polri menggeledah kantor sekretariat LSM, Syam Organizer di Bandung. Lokasi tersebut diduga sebagai tempat penggalang dana aksi terorisme.

Penggeledahan dilakukan setelah Polri meringkus salah satu terduga teroris di Jawa Barat berinisial RH. RH berperan sebagai ketua Ibtisod Bithonah dan penanggung jawab program yang dijalankan kelompok tersebut.

"Kemudian dia juga bermufakat dengan tersangka AYR dan US yang telah ditangkap, dalam hal peningkatan perekonomian anggota Jamaah Islamiyah," jelas Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, Selasa (17/8).

Baca Juga

Densus 88 Amankan 37 Terduga Teroris JI dari Sumut sampai Maluku

Syam Organizer sendiri merupakan yayasan amal milik organisasi Jamaah Islamiyah yang berpusat di Yogyakarta. Syam Organizer membentuk beberapa jenis penggalangan dana untuk operasional Jamaah Islamiyah.

Mulai dari pengiriman air bersih ke Palestina dan memiliki tiga sumur air di Suriah, Save Children di Suriah dan Palestina, Kurban Peduli Syam dan Ramadhan Peduli Syam, serta Syam Productive Asssistant.

"Rata-rata berbentuk program kemanusiaan, untuk menarik simpati masyarakat dan menghindari kecurigaan aparat," terangnya.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol. Ahmad Ramadhan. ANTARA/Laily Rahmawaty
Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Mabes Polri Kombes Pol. Ahmad Ramadhan. ANTARA/Laily Rahmawaty

Untuk memperoleh dananya, mereka mengedarkan celengan dan kotak amal ke masyarakat, mengadakan tabungan kurban, menyelenggarakan tablig akbar dengan berkoordinasi dengan pihak masjid dan mengundang ustaz.

Kemudian menggalang dana baik langsung ke jamaah yang hadir. "Bahkan juga menyebarkan nomor rekening ke jamaah," jelas Ramadhan.

Baca Juga

4 Terduga Teroris Ditangkap di Banten dan Jabar

Dana yang berhasil didapatkan Syam Organizer tersebut nantinya akan diserahkan ke organisasi Jamaah Islamiyah (JI), yang kemudian digunakan untuk memberangkatkan anggotanya ke Suriah.

Selain itu, dana tersebut juga akan diserahkan ke Syam Organizer pusat yang berada di Yogyakarta untuk digunakan sebagai biaya operasional, salah satunya pembelian kebutuhan logistik. (Knu)

#Breaking #Densus 88 #Jamaah Islamiyah
Bagikan
Bagikan