Dengarkan! 4 Petuah Kuno Tiongkok yang Sangat Berguna Bagi Kehidupan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 29 Januari 2020
Dengarkan! 4 Petuah Kuno Tiongkok yang Sangat Berguna Bagi Kehidupan
Petuah-petuah Tiongkok penuh makna (Foto: Pixabay/ProPolski)

NEGERI tirai bambu memang patut diacungi jempol! Tidak hanya jagoan dalam bidang bisnis dan kuliner, petuahnya ternyata memang relate abis deh sama kehidupan manusia. Tak jarang negara-negara lain menggunakan beberapa filosofi kuno dari Tiongkok sebagai acuan dalam kehidupan sehari-hari.

Melansir dari ancient.eu, sebenarnya filosofi kuno Cina tidak rumit. Semua berkaitan dengan karma baik dan karma buruk. Apa yang kamu tanam, itu lah yang kamu tuai. Jika kamu ingin diperlakukan dengan baik, maka perlakukan lah orang lain dengan baik juga.

Baca juga:

Quote Karl Lagerfeld Ini Dapat Mengubah Pola Pikirmu Menjadi Lebih Baik

Ternyata, filosofinya sangat berguna bagi hidup kita sendiri. Kira-kira apa saja ya?

1. "Hormati Orangtua"

Jangan lupakan keluarga (Foto: Pixabay/Sasint)

Bagaimana pun orang tua adalah pondasi utama bagi anak-anaknya. Keluarga adalah tempat kamu belajar pertama kali dan melalui orang tua lah kamu lahir ke dunia.

Keluarga selalu ada sebagai punggung untuk bercerita. Segala kebutuhanmu di masa kecil terpenuhi demi menunjang kesuksesan di masa depan. Maka kamu tidak boleh melupakan jasa keluarga terutama orangtua yang menjadi tangga cita-cita.

2. "Jangan Berhenti Belajar"

Dalam menjalani hidup kamu tidak boleh berhenti belajar (Foto: Pixabay/Sasint)

Tidak ada orang bodoh atau pintar. Yang ada hanya orang malas dan rajin. Dalam menjalani hidup, kamu tidak boleh berhenti belajar.

Ketika menghadapi kegagalan, sebaiknya kamu segera belajar dari kesalahan tersebut. Karena kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan bekal untuk mencapai kesuksesan.

Baca juga:

Para Ibu Zaman Now Pasti Suka Quote Ini

3. "Jangan Takut Mencoba"

Siapa tahu hal baru tersebut membawamu ke hal yang lebih baik (Foto: Pixabay/Sasint)

Seringkali orang terjebak di zona nyaman. Bekerja di tempat yang tidak membuatmu berkembang secara skill dan mental juga tidak baik bagi masa depan. Berani mencoba hal baru perlu dilakukan dalam beberapa situasi. Siapa yang tahu jika ternyata hal baru tersebut justru membawamu ke jenjang karier yang jauh lebih baik.

4. "Hidup Ini Seperti Roda, Jangan Sombong"

Selalu ingat dirimu saat masih nol (Foto: Pixabay/Tama66)

Kalau kamu sudah kaya raya, jangan pernah berubah menjadi sombong dan merendahkan orang-orang yang sedang berjuang. Seringkali orang lupa titik awal dirinya berada ketika masih berada di titik nol, ibarat kacang lupa kulit. Sebaiknya kamu bersyukur dan membantu mereka yang sedang dalam kesusahan.

Yuk sahabat Merah Putih, tanamkan petuah-petuah berharga ini dalam diri kamu agar kelak kamu meraih kesuksesan! (mar)

Baca juga:

'Trash Tag Challenge', Tantangan Kece Berfaedah di Hari Bumi

#Tiongkok
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan