Dengan Tips Mudah ini, Kamu Bisa Menghasikan Ketupat Lembut dan Enak

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 04 Juni 2019
Dengan Tips Mudah ini, Kamu Bisa Menghasikan Ketupat Lembut dan Enak
Dengan langkah mudah, ketupat lezat pun tersaji. (foto: Instagram @arinda_ph)

LEBARAN tak akan lengkap tanpa kehadiran ketupat. Ya, hidangan beras dibungkus anyaman janur itu memang ikonnya Lebaran. Amatlah nikmat makan ketupat ditemani opor bersama keluarga di saat Idul Fitri.

Agar ketupat yang kamu sajikan enak, lembut, dan maknyus, ada beberapa langkah mudah yang wajib kamu ikuti.


1. Siapkan anyaman ketupat dan beras

Pilih anyaman ketupat yang rapi. (foto: dakwatuna)

Ketupat biasanya dibungkus anyamab daun kelapa atau janur. Kalau enggak mau ribet bikin sendiri, kamu bisa membeli anyaman ketupat yang banyak dijual di pasar. Namun, ingat ya, pilihlah anyaman ketupat dengan cermat.

Untuk beras, pilihlah beras yang minimal berkualitas sedang. Selain itu jangan pilih yang terlalu pera atau pulen. Kalau beras terlalu pulen, ketupat akan mudah lembek. Pilihlah beras lokal seperti IR 42, rojolele, atau pandan wangi agar mengembang bagus nantinya.

2. Masukkan beras dalam selongsong

Pilih beras berkualitas sedang.(foto: beritagar)

Sebelum dimasukkan ke anyaman ketupat, cuci dulu beras seperti biasa dan rendam dalam air bersih selama 30 menit hingga 1 jam. Setelah itu, tiriskan beras dan masukkan ke anyaman ketupat. Sesuaikan takaran dengan jenis beras yang kamu pakai. Untuk beras pera, cukup isi hingga 1/3 rongga anyaman. Sementara itu, beras pulen bisa isi sampai 2/3 rongga. Tak perlu isi sampai penuh karena beras akan mengembang saat dimasak.



3. Memasak ketupat dengan panci biasa atau presto?

ketupat
Ketupat dengan ukuran sama akan matang bersamaan. (foto: Instagram @ariannakitchen2)

Agar matang dengan baik, ketupat perlu dimasak dengan panas yang merata dan stabil. Oleh karena itu, kamu sebaiknya memasak ketupat dengan panci yang berukuran besar. Isi panci besar dengan air dan panaskan hingga mendidih, lalu masukkan anyaman yang berisi beras. Selama memasak, jangan lupa untuk selalu mengecek jumlah air di panci ya. Jika air mulai menyusut, tambahkan air mendidih sehingga proses masak terus berjalan. Lakukan selama 4 jam atau lebih. Ingat, semakin banyak porsi ketupat, semakin lama juga waktunya.

Pilihan alat masak lain untuk memasak ketupat ialah pakai panci presto. Menggunakan panci bertekanan tinggi akan menghemat waktu. Caranya memasaknya hampir sama dengan panci biasa, yakni rendam ketupat dalam panci presto. Airnya tak perlu sampai penuh agar tidak meluap. Nyalakan kompor dengan api sedang dan masak hingga panci presto berbunyi selama 10 menit. Kecilkan api dan lanjutkan masak selama 45 menit.

Agar ketupat semakin bercitarasa, ada beberapa rempah yang bisa kamu masukkan. Untuk ketupat lebih kenyal, masukkan air kapur sirih atau endapan abu merang saat merebus air (sebelum memasukkan ketupat ke dalamnya). Selain itu, tambahan garam membuat ketupat lebih gurih atau daun pandan agar harum.


4. Angin-anginkan dengan cara digantung

Angin-anginkan ketupat agar tahan lama. (foto: sejarahri)

Sering lihat kan ketupat digantung? Ternyata itu ada tujuannya lo. Menggantung ketupat yang sudah masak membuat ketupat tahan lama. Hal itu karena selama digantung, sisa air yang ada dalam anyaman ketupat ditiriskan.

Menggantung ketupat juga akan membuatnya tahan selama 2 hari di suhu ruang. Namun, kalau ingin ketupat lebih tahan lama, kamu bisa memasukkannya ke wadah tertutup yang kedap udara lalu menyimpannya di kulkas. Saat ingin memakan ketupat, kamu tinggal memanaskannya dengan cara dikukus.

Mudah kan membuat ketupat sendiri. Selamat berlebaran.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan