Musik
Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, Jazz Gunung Ijen 2020 Sukses Digelar Jazz Gunung Ijen 2020 berlangsung sukses (Foto: istimewa)

CUACA mendung sejak pagi mengiringi perhelatan Jazz Gunung Ijen 2020 yang diselenggarakan di Taman Gandrung Terakota, Jiwa Jawa Resort, Banyuwangi, Jawa Timur.

Namun, cuaca sejuk yang menyelimuti langsung dihangatkan tarian Jejer Jaran Dawuk Banyuwangi, guyon pembawa acara Alit dan Ghundi, serta sajian musik dari Bintang Indrianto featuring Sruti Respati pada sesi pertama pukul 09.45 WIB.

Baca Juga:

Ini Tiga Alasan Konser Luar Ruang Jazz Gunung Hybrid Concert 2020 Bisa Terlaksana

Bintang dan Sruti tampil dengan tuntas walau diguyur hujan saat setengah pertunjukan berlangsung. Penonton tetap bertahan dengan memakai payung sambil menikmati lagu-lagu Asmaradana, Kendang Kribow, Aku Ewa, Ole Olang, Pewaris, The Beauty of Ijen, dan Ibu Pertiwi.

Bintang dan Sruti tampil memukau di Jazz Gunung Ijen 2020 (Foto: istimewa)

Secara khusus Bintang menciptakan The Beauty of Ijen untuk ditampilkan pada kesempatan ini. Liriknya juga ditulis oleh Sruti Respati.

"Saya kagum dengan Ijen, indah sekali. Saya dan teman-teman senang sekali ada momen bersejarah di dunia pertunjukkan musik saat ini di Jazz Gunung Ijen 2020," kata Bintang dalam siaran pers yang diterima Merahputih.com.

Digelar dalam masa pandemi, Jazz Gunung Ijen 2020 menerapkan protokol kesehatan ketat. Para penonton, rekan media, dan undangan yang hadir sejak pagi wajib mengikuti tes swab antigen untuk memastikan dalam kondisi baik sebelum masuk arena pertunjukan Jazz Gunung Ijen 2020. Total swab antigen yang telah dilaksanakan sebanyak 239 orang.

Saat memasuki sesi kedua yang berselang 2 jam, Sri Hanuraga Trio featuring Dira Sugandi tampil memesona membawakan lagu Hyperreality, Paris Berantai, Rangkaian Melati, Ibu Pertiwi, Rek Ayo Rek, Ampar Ampar Pisang, Manuk Dadali, dan Kicir-Kicir.

Rasa senang dan syukur tampak diekspresikan penampil dan penonton yang telah rindu menonton musik secara langsung. Terutama para musisi yang sudah hampir setahun tidak tampil di depan penonton.

"Ini kali pertama kami tampil secara langsung lagi sejak Februari karena berbeda sekali tampil secara virtual sebelumnya. Terima kasih Jazz Gunung Indonesia," ujar Dira yang mengenakan busana hitam-hitam dengan wajah berseri.

Sri Hanuraga Trio featuring Dira Sugandi tampil mempesona membawakan deretan lagu hit. (Foto: istimewa)

Baca Juga:

Jazz Gunung Indonesia Gelar Konser Virtual ‘Road To Jazz Gunung Series 2020’

Dia juga mendedikasikan lagu Rangkaian Bunga Melati untuk para tenaga kesehatan yang selalu semangat di tengah pandemi.

Tak ketinggalan, di sela-sela pertunjukan kedua, pengisi acara dr Grace Hananta C.Ht dari Gerakan Pakai Masker mengingatkan dan memberikan tutorial kepada penonton untuk menggunakan masker dengan baik. Panitia tak segan menegur para tamu yang hadir jika tidak mengenakan masker dengan benar.

"Sekarang ini banyak seniman yang OTG (orang tanpa gawean). Ini merupakan ikhtiar kita untuk bisa beraktivitas dan menghidupkan industri musik dan pariwisata sambil menjalankan protokol kesehatan," kata penggagas Jazz Gunung Indonesia Sigit Pramono sambil meminta penonton tetap menjaga jarak dan memakai masker.

Pada acara tersebut, turut hadir pula Butet Kertaredjasa, salah seorang penggagas Jazz Gunung Indonesia. Ia mengaku sangat senang ajang ini bisa terselenggara. Menurutnya, Jazz Gunung bisa menjadi satu contoh pertunjukan yang sehat dan mampu beradaptasi di tengah pandemi.

"Kami merasakan sesuatu yang lama telah dirindukan. Main tidak ada penontonnya itu tidak enak," tuturnya.

Butet mengatakan dia akan tertolong bila nanti pemerintah dan satgas mulai memercayai para praktisi seni pertunjukan untuk bisa menyelenggarakan pertunjukan secara langsung dan ada penontonnya. Tentunya dengan kepatuhan-kepatuhan yang dirintis acara Jazz Gunung Indonesia.

"Itu artinya Pak Sigit dan Jazz Gunung Indonesia mempunyai jasa yang besar untuk pertunjukan seni Indonesia," ungkapnya.

Seluruh rangkaian kegiatan Jazz Gunung Indonesia Hybrid Concert didukung BCA, Kemenparekraf, Eiger Adventure, GenBody Inc, Gerakan Pakai Masker, dan Gerakan Solidaritas Sejuta Tes Antigen. (Ryn)

Baca Juga:

Nonton Konser #DiRumahAja 'Starter Pack'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tinder akan Hadirkan Fitur Blokir dari Nomor Telepon
Fun
Tinder akan Hadirkan Fitur Blokir dari Nomor Telepon

Tinder di kabarkan akan meluncurkan sebuah fitur baru. Aplikasi kencan tersebut, akan memungkinkan para penggunanya, untuk menghindari teman, mantan kekasih, kolega, kerabat dan sebagainya, yang tidak ingin ditemui di Tinder.

Zodiak yang Santai dan Bisa Bersahabat dengan Mantan
Fun
Zodiak yang Santai dan Bisa Bersahabat dengan Mantan

Inilah tiga zodiak yang baik-baik saja berteman dengan mantan mereka.

Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan
Fun
Manfaat Bawang Hitam Bagi Kesehatan

Bawang hitam merupakan bawang putih yang sudah melalui proses fermentasi.

‘Godzilla vs Kong’ Segera Tayang 2 Bulan Lebih Awal
Hiburan & Gaya Hidup
‘Godzilla vs Kong’ Segera Tayang 2 Bulan Lebih Awal

Sebelumnya sempat dijadwalkan rilis pada 21 Mei 2021.

Segera Dibuka, Museum yang Cocok Buat Para Pecinta Film
ShowBiz
Segera Dibuka, Museum yang Cocok Buat Para Pecinta Film

Pameran pertama akan didedikasikan kepada Hayao Miyazaki.

Susan Bachtiar Gunakan Layanan Perbankan untuk Kesejahteraan Keluarga
ShowBiz
Susan Bachtiar Gunakan Layanan Perbankan untuk Kesejahteraan Keluarga

Keluarga adalah segalanya bagi Susan Bachtiar.

PT Softex Indonesia Beri Solusi untuk Masalah yang Dihadapi Lansia
Fun
PT Softex Indonesia Beri Solusi untuk Masalah yang Dihadapi Lansia

UI memiliki tiga tipe, pertama urine keluar saat hanya ketika stress/terjadi tekanan di kandung kemih.

Indonesia Berstatus Waspada Diabetes
Fun
Indonesia Berstatus Waspada Diabetes

Berdasarkan data dari IDF, Indonesia menempati urutan ke-7 dari sepuluh negara dengan jumlah pasien diabetes tertinggi.

Tinder Rilis Serial Interaktif ‘Swipe Night’ Secara Global
ShowBiz
Tinder Rilis Serial Interaktif ‘Swipe Night’ Secara Global

Para pengguna aplikasi kencan Tinder bisa ikut terlibat dalam petualangan interaktif.

Bahas Politik, Meghan Markle Terancam Dicopot dari Gelar Duchess of Sussex
ShowBiz