Banjir Jakarta

Dengan Perahu Karet, Banser Berjibaku Selamatkan Para Korban Banjir

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 03 Januari 2020
 Dengan Perahu Karet, Banser Berjibaku Selamatkan Para Korban Banjir
Para anggota Banser bersiaga memberikan bantuan dan evakuasi para korban banjir (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Barisan Anshor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) bergerak cepat membantu para korban banjir Jabodetabek.

Banser mendirikan Posko Siaga dan Pelayanan Masyarakat di wilayah bencana. Personelnya juga terjun langsung mengevakuasi para korban yang terjebak banjir.

Baca Juga:

Banjir Jakarta Dianggap Sebagai Tamparan Keras Buat Penyelenggara Negara

Sekretaris Wilayah GP Ansor DKI Jakarta, Dendy Zuhairil Finsa mengungkapkan, evakuasi para korban banjir Jabodetabek dilakukan bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan aparat terkait lainnya.

Penanganan para korban banjir dan evakuasi pengungsi
Penanganan korban banjir yang masih terjebak di rumah warga (Foto: ANTARA)

Titik-titik evakuasi itu adalah Ciberang, Lebak, Banten, Kalideres, Cengkareng dan Grogol Petamburan di Jakarta Barat, Pulogadung dan Cawang di Jakarta Timur, Tanah Abang di Jakarta Pusat, Kemang dan Jagakarsa Jakarta Selatan, Villa Nusa Indah di Bogor dan Bekasi, dan juga di Bantaran Ciliwung wilayah Jakarta.

Misi utama anggota Banser pasa bencana kali ini adalah mengevakuasi para korban banjir serta memberi bantuan langsung pada masyarakat terkait akses dan pengawalan daerah berbahaya. Selain itu, tentunta membagikan bantuan logistik bagi korban di daerah terdampak.

“Evakuasi yang medannya berat dilakukan dengan perahu karet, seperti di wilayah Jakarta Barat, Selatan dan Villa Nusa Indah di mana Banser menyelamatkan bayi yang terdampak bencana banjir di sana,” ungkap Dendy di Jakarta, Kamis (2/1).

Baca Juga:

Solusi Atasi Banjir, Anies: Tunggu Permukaan Air Laut Surut

Sementara untuk Posko, Dendy mengungkapkan ada empat lokasi utama. Yakni, di Lebak, Banten, DKI Jakarta, Gunung Putri Bogor dan Bekasi, Jawa Barat. Posko Banser yang berada di wilayah terdampak masih akan terus melayani masyarakat selama bencana banjir.

Apalagi sesuai data dari BNPB dan BMKG, cuaca ekstrem ini masih akan berlanjut sampai 4 Januari 2020.

“Ini khidmah GP Ansor bagi Indonesia, posko akan kami buka dan siagakan sampai kondisi membaik dan dinyatakan aman, Banser NU akan terus mendampingi masyarakat terdampak sampai kondisi benar-benar aman,” tutup Dendy.(Knu)

Baca Juga:

Banjir Dua Meter Masih Genangi IKPN Bintaro, Banyak Warga Enggan Mengungsi

#Banser #Korban Banjir #Banjir Jakarta #GP Ansor
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan