Dengan E-Book, Menemukan Makanan Halal di Selandia Baru Jadi Mudah Selandia Baru tawarkan kuliner halal lewat e-book. (foto: loneyplanet)

TOURISM New Zealand mengeluarkan versi terbaru Panduan Makanan Halal dalam upaya meningkatkan pengalaman wisatawan muslim di Selandia Baru. Panduan Makanan Halal itu menyediakan gambaran secara lengkap cara mendapatkan kuliner halal di Selandia Baru dengan mudah.

Panduan makanan halal itu diluncurkan pertama kali pada pada 2016. Kini, pada versi terbarunya, yaitu edisi 2017/2018, e-book ini punya lebih dari 289 tambahan restoran dan kafe di dalamnya. Pilihsn yang ditawarkan e-book pun makin beragam.

E-book tersebut menawarkan berbagai kuliner besertifikasi halal atau makanan vegetarian di beberapa wilayah baru, termasuk Whangarei dan Marlborough. Selain itu, wisatawan juga bisa mencari supermarket yang besertifikasi halal dan gerai untuk makanan takeaway dalam panduan itu.

Kurasi pada Panduan Makanan Halal merupakan hasil kerja sama Tourism New Zealand dengan Kiwi Muslim Directory dan FIANZ (Federation of Islamic Associations of New Zealand atau Federasi Asosiasi Islam Selandia Baru).

Panduan itu menyediakan informasi wisata secara umum, tapi dilengkapi 567 tempat yang besertifikasi halal. Regional Manager South and Southeast Asia Tourism New Zealand Steven Dixon mengatakan panduan yang diperbaharui itu menunjukkan komitmen Selandia Baru sebagai destinasi para wisatawan muslim. Dengan begitu, para wisatawan muslim tidak kesulitan lagi mencari destinasi nuansa alam yang indah tanpa harus memikirkan kudapan.

"Makanan Selandia Baru yang segar, beragam, dan lezat menjadi pengalaman bersantap unik yang berkelas dunia. Kami melihat perkembangan pariwisata halal di kawasan Asia Tenggara yang kian meningkat, sehingga kami ingin memastikan bahwa wisatawan muslim juga memiliki akses yang mudah untuk mendapatkan informasi mengenai pilihan makanan yang halal di Selandia Baru," katanya dalam rilis pers.

Di lain hal, Hazim Arafeh, President of the Federation of Islamic Associations of New Zealand, berkata bahwa dengan semakin berkembangnya industri pariwisata halal secara global, Panduan Makanan Halal akan menjadi pegangan wisatawan muslim sebagai sumber yang tepercaya.

“Kami senang dapat berkontribusi dalam panduan yang informatif ini, dan berharap wisatawan muslim dapat memiliki kepercayaan kepada Selandia Baru selama waktu kunjungan mereka.” tambahnya.

Sementara itu, Nawaz Ahmed, Project Manager of the Kiwi Muslim Directory, menambahkan,di masa depan, pihaknya akan selalu bekerja sama dengan Tourism New Zaeland dalam memperbarui daftar makanan halal. Dengan begitu, kepuasan para wisatawan muslim ke negara oseania itu semakin terjamin.

Beberapa rekomendasi pilihan tempat makan yang halal ketika di Selandia Baru meliputi Bawarchi Indian Restaurant di Central Auckland, Garudas Food Truck di Wellington, The Herb Centre Cafe di Christchurch, dan KL Aroma Restaurant di Dunedin.

Panduan Makanan Halal tersebut juga dapat Anda unduh pada situs Tourism New Zealand https://www.newzealand.com/int/feature/halal-guide-for-new-zealand/.(Ikh)

Kredit : digdo


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH