Demokrat: PDIP 5 Tahun Gagal Jadi Oposisi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 30 Juli 2019
Demokrat: PDIP 5 Tahun Gagal Jadi Oposisi
Wakil Sekjen Partai Demokrat Andi Arief. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Merahputih.com - Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Andi Arief menyebut tidak ada oposisi yang berhasil dalam sejarah Indonesia. Contohnya, PDIP yang gagal di 5 tahun pertama dan baru berhasil di 2014 karena melawan Gerindra.

"PDIP 5 tahun pertama jadi oposisi gagal, 5 tahun kedua di 2014 berhasil karena melawan oposisi juga Gerindra, partai yang berkuasa saat itu tidak menemukan figur tepat," kata Andi dalam keterangannya, Selasa (30/7).

Baca Juga: SBY Diduga Minta ke Jokowi Agar AHY Masuk Kabinet

Andi menyebut oposisi yang sukses adalah partai baru yang ikut dalam pemilu dan memiliki figur yang tepat. "Sebetulnya kisah oposisi sukses itu adalah ketika ada partai baru yg ikut pemilu memiliki figur tepat. Misalnya PDIP di 1999 dan Partai Demokrat di 2004," ucap dia.

"Partai Gerindra dengan figur Prabowo gagal di 2009. Tempat oposisi itu ada di partai baru, PSI, Perindo dll gagal di 2019," ujarnya.

Politisi Demokrat Andi Arief. (Foto: ANTARA)
Politisi Demokrat Andi Arief. (Foto: ANTARA)

Menurut Andi, jika ada partai yang menggunakan politik SARA maka tidak akan berhasil menjadi penguasa.

"Dengan karakter masyarakat yang plural dan menolak politik SARA, maka jika ada partai yang menggunakan politik SARA di luar pemerintahan, gak akan ketemu rumus bisa sukses berkuasa dan akan terus menjadi sekte dalam politik Indonesia," sebutnya.

Baca Juga: Bos Gerindra Sebut Banyak Siluman Adu Domba Jokowi-Prabowo-Mega

Andi menyebut partai yang sukses menemukan figur yang tepat dalam pemilu adalah PDIP dan Partai Demokrat.

"Secara umum, sejak reformasi Partai yang sukses menemukan figur yang tepat dalam Pemilu dan Pilpres sehingga sukses baru PDIP dan Partai Demokrat. Tempat menjaring kehendak rakyat luas itu pada figur partai yang berkompetisi, adapun suara yang terjaring partai hanyalah tetesan," ujar Andi. (Knu)

#Andi Arief #Partai Demokrat #PDIP #Partai Gerindra
Bagikan
Bagikan