Demokrat Konsisten Usung Anies Capres 2024

Mula AkmalMula Akmal - Senin, 19 Juni 2023
Demokrat Konsisten Usung Anies Capres 2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat ditemui usai mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022) (ANTARA/Rangga Pandu)

MerahPutih.com - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani rampung menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), di kawasan Hutan Kota Plataran, Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (18/6) kemarin.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani berharap jalinan silaturahmi politik yang telah terbangun antara Demokrat dan PDIP bisa terus berlanjut lewat interaksi-interaksi politik berikutnya.

Baca Juga:

AHY Temui Puan, PKS Masih Percaya Janji Demokrat Dukung Anies

Sebab, kata dia, pertemuan antara AHY dan Puan telah menjadi pertanda baik yang dapat mencairkan kebekuan hubungan antara PDIP dan Partai Demokrat selama dua dekade.

“Ini menjadi semacam politik rekonsiliasi yang membawa hubungan PDIP dan Demokrat ke next level,” kata Kamhar dalam keterangannya, Senin (19/6)

Dia menyebut politik rekonsiliasi bisa diimplementasikan dalam kerjasama politik lintas partai guna mewujudkan janji-janji kemerdekaan Indonesia.

Akan tetapi, kata Kamhar, meskipun hubungan Demokrat dan PDIP mulai mencair tetapi kedua partai politik tetap menghargai posisinya masing-masing yang telah memiliki koalisi dan calon presiden.

Menurutnya, Demokrat tetap akan berjalan bersama NasDem dan PKS di dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan demi mengusung Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Baca Juga:

Nilai Tawar AHY Semakin Tinggi Usai Bertemu Puan

“Partai Demokrat dan Mas Ketum AHY memiliki keimanan politik yang kuat dan akan senantiasa istikomah,” kata Kamhar.

Lebih lanjut Kamhar menyampaikan, Demokrat dan PDIP pernah menjadi partai penguasa serta sempat berdiri sebagai oposisi.

Perjalanan politik tersebut tentunya memberikan pengalaman bagi kedua partai yang dapat bermanfaat bagi kepentingan banga dan negara

“Masing-masing menyadari bahwa bangsa sebesar ini, yang majemuk dan dengan kompleksitas problematikanya, memerlukan kolaborasi dan sinergisitas dari seluruh elemen bangsa,” ujar Kamhar. (Pon)

Baca Juga:

Peluang Koalisi Demokrat dan PDIP Kecil Usai Pertemuan AHY-Puan

#Partai Demokrat #Agus Harimurti Yudhoyono #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan