Demokrat Dapat Catatan Positif dari Pimpinan KPK Susilo Bambang Yudhoyono di DPP Demokrat. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Partai Demokrat mendapatkan catatan positif dari Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Basaria Panjaitan. Hal ini berkaitan dengan upaya Demokrat mewujudkan politik berintegritas.

Menurut Basaria, berdasarkan informasi dari tim KPK, partai berlambang bintang mercy itu yang paling terdepan dalam melakukan pembenahan terkait integritas kadernya.

"Partai Demokrat yang paling maju tentang masalah integritas. Bahkan sudah ada departemen yang khusus berhubungan dengan KPK dan sudah dilakukan berulang kali, tujuh kali bahkan melakukan pendidikan," kata Basaria di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Tak hanya itu, Basaria juga menyampaikan terima kasih kepada SBY yang telah membenahi partainya ditengah kadernya yang kerap terdandung kasus korupsi.

"Terima kasih pak ketua (SBY). Beliau yang tandatangani saya naik jadi bintang," ungkap Basaria.

Basaria menjelaskan, KPK dan LIPI telah melakukan kajian dalam memperkuat partai politik. Dia pun menyadari partai politik menjadi lembaga yang kurang dipercaya masyarakat berdasarkan hasil survei.

Pasalnya, lanjut Basaria, berbagai kasus korupsi yang ditangani KPK kerap melibatkan sejumlah kader dari partai politik.

"Berbagai kasus korupsi politik mendapatkan atensi besar dan sekaligus menurunkan kepercayaan masyarakat. Itu yang saya katakan tadi, ini salah satu penyebabnya," jelasnya.

Dengan adanya hasil kajian untuk mewujudkan politik berintegritas, Basaria berharap ada perubahan yang dilakukan oleh seluruh partai yang ada di Indonesia.

Menurut dia, berdasarkan hasil kajian tentang partai politik ini, ada empat faktor utama yang harus dilakukan pembenahan.

Pertama soal kode etik kader dan partai politik, kedua rekrutmen dan kaderisasi, ketiga soal pendanaan serta masalah transparansi dan akuntabilitas sumber dana partai tersebut.

"Inilah kira-kira permasalahan yang ditemukan oleh KPK. Sehingga nantinya ada beberapa rekomendasi yang diberikan oleh KPK. Kita harapkan Partai Demokrat ini menjadi role model partai lainnya," pungkasnya. (Pon)

Baca juga berita terkait KPK sambangi DPP Demokrat di: Harapan SBY Kepada Presiden Jokowi Dan Pimpinan Lembaga Negara Untuk KPK



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH