Demokrat dan PKS Diminta Tak Tergoda Kekuasaan

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 29 Agustus 2021
Demokrat dan PKS Diminta Tak Tergoda Kekuasaan
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dok ANTARA

MerahPutih.com - Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kini masih fokus sebagai oposisi.

Direktur Political and Public Policy Studies (P3S) Jerry Massie setuju, di dalam roda pemerintahan perlu ada kelompok yang memposisikan diri sebagai check and balances.

Kelompok tersebut jangan sampai berada di dalam roda kekuasaan di negara demokrasi seperti Indonesia.

Baca Juga:

Gabung ke Pemerintahan Jokowi, PAN Disebut Tergoda Kursi Kabinet

Jerry menyampaikan bahwa pasca-bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) ke dalam tubuh besar Koalisi Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Maruf Amin, dua partai besar yakni Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera jangan sampai ikut merengek meminta jabatan.

“Sebagai penyeimbang, sebaiknya Partai Demokrat dan PKS tetap oposisi,” kata Jerry kapada wartawan, Minggu (29/8).

Sebetulnya menurut Jerry, PAN sudah cocok jika berada di luar jalur kekuasaan.

Kekuatan PAN yang dikombinasi dengan Partai Demokrat dan PKS justru bisa meningkatkan elektabilitas keduanya sebagai partai-partai penyeimbang.

Menurut Jerry, roda pemerintahan tetap harus dikontrol.

Presiden Joko Widodo saat melakukan pertemuan dengan para ketua umum partai politik dan sekjen partai di Istana, Jakarta, Rabu (25/8/2021). (ANTARA/HO-PDIP)
Presiden Joko Widodo saat melakukan pertemuan dengan para ketua umum partai politik dan sekjen partai di Istana, Jakarta, Rabu (25/8/2021). (ANTARA/HO-PDIP)

Secara perhitungan politik, memposisikan diri sebagai kontrol pemerintah sulit rasanya jika dilakukan di dalam satu kabinet besar.

Namun sayangnya, perspektif politik PAN tidak demikian yang diharapkan. Terbukti dengan ikut merapatnya Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan di dalam rapat para pimpinan partai koalisi di Istana beberapa waktu yang lalu.

“Sebetulnya sangat tepat jika PAN berada pada jalur oposisi bersama dengan Demokrat dan PKS. Bahkan elektabilitas PAN bakal baik jika bertahan pada oposisi,” jelasnya.

Bagi Jerry, langkah PAN untuk masuk di dalam tubuh kabinet Jokowi-Maruf bukan sesuatu hal yang mengagetkan.

“Tapi mereka lebih memilih dekat dengan kekuasaan ketimbang berlawanan dengan koalisi pemerintah. Tapi saya duga ini gara-gara kursi di kabinet, jadi apa pun dilakukan oleh PAN,” terangnya.

Baca Juga:

Cak Imin Minta Semua Pihak Dukung Pemerintah Tangani Pandemi COVID-19

Jerry Massie berharap agar jalur oposisi yang dipilih kedua partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ahmad Syaikhu harus bisa dipertahankan.

Keduanya diharapkan fokus untuk terus melakukan kontrol terhadap pemerintah agar roda pemerintahan di Indonesia bisa terus berada di rel yang baik.

“Saya mendorong Demokrat dan PKS jadi partai kritis. Buktinya, Demokrat sudah menyalib partai Golkar dalam sebuah survei baru-baru ini,” tandasnya. (Knu)

Baca Juga:

Saat Bahas Pandemi dan Vaksinasi, Megawati Minta Jokowi Tegar Hadapi COVID-19

#Partai Demokrat #PKS #Koalisi Indonesia Hebat
Bagikan
Bagikan