Demo Jelang Pelantikan Jokowi, Ini Imbauan Mabes TNI AD KASAD Jenderal Andika Perkasa (depan) saat bertemu wartawan di Mabes TNI AD, Gambir, Rabu (9/10). (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal (TNI) Andika Perkasa mengatakan, telah mendapatkan informasi terkait demonstrasi beberapa organisasi massa jelang pelantikan Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Hanya saja, rencana demonstrasi itu tidak terjadi di seluruh Indonesia.

Baca Juga:

Seluruh Kekuatan TNI AD Dikerahkan pada Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin

"Secara faktual memang sudah mendapatkan informasi tanggal pelaksanaan demonstrasi maupun tempatnya. Namun, itu sangat sedikit sekali, saya tidak perlu menyebut di mana," terang Andika di Mabes AD, Jakarta Pusat, Rabu (9/10).

Barisan Relawan Penggerak Desa (Brigade) 01 Jawa Barat mengirimkan sekitar 10.000 kadernya ke Jakarta sebagai bentuk dukungan pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2019-2024.  (Dok Humas Brigade 01 Jabar)
Barisan Relawan Penggerak Desa (Brigade) 01 Jawa Barat mengirimkan sekitar 10.000 kadernya ke Jakarta sebagai bentuk dukungan pelantikan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma'ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2019-2024. (Dok Humas Brigade 01 Jabar)

Menurut Andika, demo yang dilakukan tak boleh mengganggu hak orang lain serta demonstran harus mengikuti aturan.

“Jadi dalam menyampaikan pendapat, mereka tidak boleh mengganggu hak dan kemerdekaan orang lain, mengikuti aturan moral yang diakui secara umum," kata Andika.

Baca Juga:

Mantan Dosen IPB Rencanakan Ngebom di Jakarta untuk Gagalkan Pelantikan Jokowi

Andika juga menyampaikan demonstrasi yang dilakukan tak boleh mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa.

"Itu sudah diatur. Termasuk di mana mereka bisa berdemonstrasi," kata Andika.

"Rencana-rencana (aksi) itu tidak ada yang melarang. Bahkan pemerintah, secara eksplisit menyatakan demonstrasi itu boleh, demonstrasi itu diatur, namanya juga kemerdekaan menyampaikan pendapat," kata Andika.

Petugas kepolisian mengawal demonstran di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin, (30/9). (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto
Petugas kepolisian mengawal demonstran di depan Gedung DPR, Jakarta, Senin, (30/9). (Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto)

Karena itu, kata dia, institusinya siap membantu mengamankan.

“Kemarin sudah kami buktikan. Kami siap mengerahkan hampir seluruh kekuatan angkatan darat untuk membantu," kata dia. (Knu)

Baca Juga:

Ketua MPR Ajak Semua Pihak Tak Merusak Suasana Jelang Pelantikan Jokowi


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH