Demiseksual Kerap Dianggap Aseksual

P Suryo RP Suryo R - Senin, 04 Desember 2023
Demiseksual Kerap Dianggap Aseksual
Ketika seseorang merasakan ketertarikan terhadap seseorang yang telah memiliki ikatan emosi dengannya. (Pexels/Tirachard Kumtanom)

CINTA pandangan pertama ditingkahi dengan kilatan mata dan degub jantung yang kuat. Ini sering dianggap sebagai momen magis dalam hidup seseorang. Namun perasaan itu tidak sama dari orang ke orang lainnya.

Namun kondisi itu tidak dirasakan pada seseorang dengan orientasi seksual demiseksual. Orientasi seksual ini ketika seseorang merasakan ketertarikan terhadap seseorang yang telah memiliki ikatan emosi dengannya.

Baca Juga:

Kehilangan Daya Tarik Seksual Terhadap Pasangan Itu Wajar

kesehatan mental
Dapat merasakan gairah seksual setelah ia mengenal orang tersebut dengan sangat baik hingga melibatkan emosionalnya. (freepik/tirachardz)

Seorang demiseksual hanya dapat merasakan gairah seksual setelah ia mengenal orang tersebut dengan sangat baik hingga melibatkan emosionalnya.

Seperti dinukil dari Alodokter, seseorang yang memiliki orientasi seksual ini tidak bisa merasakan cinta pada pandangan pertama. Butuh waktu lama bagi para demiseksual untuk menjalin hubungan erat dengan seseorang. Setelah itu, para demiseksual baru bisa merasakan adanya dorongan seksual terhadap orang tersebut.

Uniknya, pada demiseksual ini ikatan yang termasuk tidak harus berupa perasaan cinta atau hubungan romatis seperti umumnya orang berpacaran, tetapi bisa juga dalam hubungan persahabatan.

Orang dengan orientasi demiseksual jika tidak bisa melakukan fantasi seks dengan orang yang sekilas mata memilik paras yang cantik atau bertubuh seksi.

Baca Juga:

Pelecehan dan Kekerasan Seksual, Berbeda loh

kesehatan mental
Untuk demiseksual harus merasakan hubungan yang kuat terlebih dahulu. (Pexels/Asad Photo Maldives)

Orang pada umumnya mungkin dapat merasakan ikatan emosional setelah melakukan hubungan intim. Tapi untuk demiseksual harus merasakan hubungan yang kuat terlebih dahulu sebelum bisa melakukan hubungan intim.

Orang dengan orientasi seksual ini sering dianggap aseksual karena terkesan tidak tertarik pada seks. Padahal, orang dengan orientasi ini hanya tidak memiliki ketertarikan emosional terhadap orang lain.

Wajib kamu ketahui, ada beberapa ciri orang yang memiliki orientasi demiseksual. Seperti jarang merasakan ketertarikan seksual pada orang asing. Hanya bisa merasakan ketertarikan seksual dengan orang yang dianggap dekat. Tingkat hubungan emosional dengan seseorang memengaruhi ketertarikan seksualnya. Dia tidak tertarik untuk membayangkan berhubungan seks dengan orang yang tidak dikenal baik, meski orang tersebut memiliki paras yang menarik.

Orientasi seksual jenis ini bisa dimiliki oleh setiap gender dan orientasi seks lainnya. Seperti heteroseksual, homoseksual, biseksual, aseksual, dan panseksual. Istilah orientasi seksual masih terus berkembang, ada beberapa pihak yang menganggap bahwa orientasi seksual perlu ditegaskan sebagai bagian dari identitas diri. Tetapi banyak pula masyarakat yang tidak memikirkan identitas tersebut. (zvw)

Baca Juga:

Penelitian Terbaru Ungkap Penurunan Perilaku Seksual Kaum Muda AS

#Kesehatan Mental #Kesehatan #Relasi
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan