Demi Tampung Boeing 777, Landasan Pacu Adi Soemarmo Diperpanjang 3.000 Meter Pesawat maskapai Nasional di landasan pacu bandara. Foto: MP

MerahPutih.com - Landasan pacu Bandara Adi Soemarmo Surakarta akan segera diperpanjang dari 2.600 meter menjadi 3.000 meter untuk bisa menampung pesawat sekelas Boeing 777.

"Sebagai langkah awal, yang kami lakukan adalah melakukan presentasi langsung di depan Kementerian Perhubungan dan pihak terkait yang berwenang mengenai proyek ini. Salah satu yang kami sampaikan yaitu analisis dampak lingkungan (AMDAL)" kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman di Solo, Jawa Tengah, Senin (3/9).

Abdullah mengatakan proses selanjutnya yang harus dilakukan yaitu pembebasan lahan. Menurut dia, landas pacu tersebut akan dibangun di atas lahan seluas 43 hektare. "Harapannya proses berjalan dengan lancar. Target kami pembangunan selesai pada tahun 2020," katanya, dikutip Antara.

Menurut Abdullah, landasan pacu yang makin panjang otomatis akan menambah jumlah kedatangan penumpang sekaligus menarik semakin banyak orang yang datang ke Kota Solo dan sekitarnya. Saat ini jumlah penumpang yang melalui Bandara Adi Soemarmo sekitar 8.000 orang/hari. Pihaknya menargetkan dengan penambahan fasilitas tersebut jumlah penumpang bisa bertambah menjadi 22.000 orang/hari.

Kereta
Lintasan kereta di sekitar bandara. Foto: MP/Win

Sementara itu, selain memperpanjang landas pacu, saat ini pihaknya juga tengah menyelesaikan pembangunan stasiun bandara. Ia mengatakan pembangunan tersebut ditargetkan selesai tahun depan. "Saat ini tinggal atapnya yang masih dalam proses pengerjaan. Mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu," katanya.

Stasiun bandara tersebut nantinya menjadi salah satu pelengkap transportasi KA bandara yang menghubungkan antara Stasiun Balapan dan Yogyakarta. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH