Selebritas

Demi Selamatkan Planet, Robert Downey Jr. Rilis Perusahaan Investasi

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 29 Januari 2021
Demi Selamatkan Planet, Robert Downey Jr. Rilis Perusahaan Investasi
Misinya untuk berinvestasi sekaligus mengatasi masalah lingkungan. (Foto: Arjun Sethunath)

AKSi heroik Robert Downey Jr. sebagai Iron Man di Marvel Cinematic Universe (MCU) tampaknya bukan sekadar peran saja. Di dunia nyata, ia menjadi pahlawan dengan meluncurkan FootPrint Coalition Ventures, serangkaian dana Venture Capital (VC) untuk umum dengan misi berinvestasi sekaligus mengatasi masalah lingkungan.

Mengutip Variety, hal tersebut diumumkan Downey dalam acara Davos Agenda Forum Ekonmi pada Rabu (27/1) waktu setempat. Pria kelahiran 1965 yang dalam film-film Avengers memerankan miliarder Tony Stark dan Iron Man ini, pertama kali mengungkapkan ambisinya untuk memanfaatkan teknologi guna menyelamatkan lingkungan dengan FootPrint Coalition.

“Saya ingin menyesuaikan diri dan muncul dalam kesempatan ini. Saya percaya pada pemecahan sebuah masalah secara kreatif,” kata Downey Jr.

Downey Jr, melanjutkan peryataan tersebut, mengatakan bahwa ancaman lingkungan yang dihadapi planet ini sebagai krisis eksistensi global. Menurutnya, untuk mengatasi masalah ini dibutuhkan banyak perusahaan baru yang bekerja untuk mencari solusi daripada bergantung pada segelintir perusahaan besar elit.

Baca juga:

Ups! Robert Downey Jr Dilaporkan ke Polisi

Demi Selamatkan Planet, Robert Downey Jr. Rilis Perusahaan Investasi
Aksi heroiknya juga diaplikasikan ke dunia nyata. (Foto: Variety)


Ia sendiri secara pribadi berinvestasi dalam dana VC, menyumbang setidaknya 10 persen dari masing-masing dua dana awal perusahaan hingga total USD1,5 juta atau sekitar Rp21 miliar per tahun.

Menyinggung karier filmnya, Downey Jr. berkata “Saya tidak menyangka berada di posisi keuangan saya saat ini. Ini adalah perkembangan logis dari aktor bergenre semi-pensiunan yang mendalami thriller teknologi.”

Dana bergulir FootPrint Coalition Ventures dapat diakses oleh investor yang memenuhi syarat dan terakreditasi melalui kemitraan dengan platform investasi rintisan AngelList. Untuk mempromosikan upayanya ini, firma VC akan memanfaatkan tim kreatif Downey Jr. dan media sosialnya yang memiliki 100 juta pengikut.

Baca juga:

Sebelum Robert Downey Jr. Peran Iron Man Diberikan Pada Aktor Ini

Demi Selamatkan Planet, Robert Downey Jr. Rilis Perusahaan Investasi
Ia sendiri secara pribadi berinvestasi dalam dana VC. (Foto: Variety)


Tujuannya adalah menerjemahkan konsep ilmiah menjadi informasi yang dapat diakses untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

“Kami ingin mengubah subjek yang kompleks menjadi konten yang menentukan budaya, dan menawarkan kesempatan kepada audiens untuk berinvestasi bersama kami,” ujar Downey Jr.


FootPrint Coalition Ventures dipimpin oleh investor dan pengusaha teknologi veteran, Jonathan Schulhof, mantan mitra pengelola di GTI Capital Group, dan Steve Levin yang ikut mendirikan perusahaan pengembangan produksi Team Downey dan Downey Ventures. (and)

Baca juga:

Bersahabat, Tom Holland Ungkap Sisi Manis Robert Downey Jr.

#Robert Downey Junior #Selebritas #Aktor Hollywood #Bisnis Artis #Bisnis
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan