Demi Rekonsiliasi, Jokowi Diminta Temui Prabowo Terlebih Dahulu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) memberi hormat ala militer kepada Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Foto: Biro Pers Setpres

MerahPutih.com - Pengamat Politik Lely Arianie mengatakan sebaiknya Joko Widodo menemui Prabowo Subianto terlebih dulu sebagai proses rekonsiliasi pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan penetapan presiden-wakil presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Saya sarankan Pak Jokowi yang mengajak, menyapa, atau menelpon Pak Prabowo. Pasti dia (Jokowi) memahami perasaan hati orang yang kalah,” ujar Lely di Bengkulu, Kamis (4/7).

Pakar komunikasi politik dari Universitas Bengkulu Lely Arrianie. (Antara)
Pakar komunikasi politik dari Universitas Bengkulu Lely Arrianie. (Antara)

Lely mengatakan meskipun tidak ada aturan siapa yang harus menemui terlebih dulu, Jokowi sebagai pemenang mengerti suasana kebatinan orang yang kalah. Presiden terpilih itu menurutnya juga tidak seharusnya terus-menerus mengirimkan perantaranya kepada Prabowo.

BACA JUGA: BPN Prabowo Tolak Mentah-Mentah Seruan Rekonsiliasi

Namun, Dosen Komunikasi Universitas Bengkulu itu melanjutkan apabila Jokowi sudah inisiatif mengajak atau menelepon Prabowo tetapi ditolak, itu tidak menjadi masalah.

“Yang kalah juga jangan jual mahal karena bagaimanapun perjalanan ketatanegaraan kita terus berjalan,” ujarnya dilansir Antara.

Lely mengatakan pertemuan kedua tokoh itu akan membantu meredakan konflik di masyarakat.

Diakui Presiden, dalam pertemuan selama sekitar 2 jam itu dirinya dan Prabowo membicarakan banyak hal, terutama yang berkaitan dengan masalah makro bangsa Indonesia, juga makro yang berkaitan dengan politik dan ekonomi Indonesia.
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subiyanto/Foto: Biro Pers Setpres

BACA JUGA: Rekonsiliasi Diharapkan Tak Hilangkan Kubu Oposisi

Selain itu, ia juga memperkirakan rekonsiliasi Jokowi dan Prabowo akan turut membuat masyarakat yang semula terpecah-belah mungkin pelan-pelan bisa berangkulan kembali. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH