Demi Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Relokasi Selter PKL

Andika PratamaAndika Pratama - Senin, 14 September 2020
Demi Piala Dunia U-20, Pemkot Solo Relokasi Selter PKL
Selter PKL Kota Barat, Solo, Jawa Tengah akan direkokasi sebagai l tempat latihan Piala Dunia U-20, Minggu (13/9). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Jawa Tengah bergerak cepat menyambut Piala Dunia U-20 yang diadakan pada 2021 mendatang.

Persiapan yang dilakukan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 adalah dengan merelokasi sebanyak 140 selter pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan lapangan latihan Kota Barat.

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 3-3 Arab Saudi U-19: Hasil Maksimal dari Kroasia

Kabid PKL Disdag Solo, Handoko, mengatakan Lapangan Kota Barat menjadi salah satu lapangan pendamping yang diproyeksikan sebagai tempat latihan peserta Piala Dunia U-20. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan PKL yang berjualan setiap malam hari di kawasan tersebut.

"Kami sudah melakukan pengecekan di lokasi lapangan. Hasilnya, tempat 140 selter PKL berjualan akan dilakukan relokasi," ujar Handoko, Senin (14/9).

Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20. (MP/Ismail)
Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah sebagai tempat pertandingan Piala Dunia U-20. (MP/Ismail)

Ia menjelaskan sosialisasi sudah dilakukan bersama pedagang dan paguyuban. Untuk lokasi relokasi juga sudah disiapkan sehingga pedagang tidak perlu khawatir.

"Kami sudah siapkan sejumlah opsi untuk penataan PKL terdampak piala dunia. Karena jumlah pedagang banyak kemungkinan relokasi tidak bisa ditempatkan satu tempat," kata dia.

Dikatakannya, sesuai rencana sebagian besar pedagang bakal ditepatkan sementara waktu di halaman parkir Galabo Malam (sisi timur Mal Pelayanan Publik). Lokasi tersebut diperkiralan mampu menampung 50 pedagang dari Selter Kota Barat.

"Kami sudah ukur lahannya. PKL nanti berjualan dengan menggunakan tenda," kata dia.

Untuk 90 PKL Selter Manahan, kata dia, akan di relokasi di sejumlah lokasi selter lainnya seperti Mojosongo, Sriwedari, Kerten Barat, dan Jegon. Hal yang jadi perhatian pedagang, pada tangga 1 Desember 2020, lokasi selter Kota Barat dan Selter Manahan harus steril.

Baca Juga

Lini Pertahanan Jadi Sorotan, Shin Tae-yong: Pemain Belakang Timnas Indonesia U-19 Masih Takut

"Pada awal Desember sampai awal tahun depan, pembenahan sarana dan prasarana Piala Dunia U-20 sudah mulai dikerjakan pusat," tutup dia. (Ismail/Jawa Tengah)

#Stadion Manahan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan