Teknologi

Demi Memajukan UMKM, Kominfo Perkecil Kesenjangan Digital

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 22 Februari 2021
Demi Memajukan UMKM, Kominfo Perkecil Kesenjangan Digital
Kominfo berupaya untuk perkecil kesenjangan digital. (Foto: pixabay/photomix-company)

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membantu menyejahterakan UMKM dengan memperkecil kesenjangan digital. Untuk mewujudkannya, Kominfo menyediakan akses jaringan internet di seluruh Indonesia.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate menuturkan Kominfo memberikan dukungan yang luar biasa untuk onboarding UMKM dan Ultra Mikro (UMi) untuk memasarkan produk secara digital.

Baca Juga:

Literasi Digital Bantu Anak Lebih Mandiri

"Kita akan bekerja keras untuk memastikan internet link ratio dan close digital divide atau memperkecil disparitas antar wilayah Indonesia," ujar Menkominfo, Johnny G Plate, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Pemerintah tengah membangun infrastruktur telekomunikasi untuk mengurangi kesenjangan akses jaringan interet di Tanah Air. (Foto: Pixabay/louvainlaneuve9)

Perpindahan UMKM dan UMI berjualan di platform digital menjadi salah satu kegiatan dalam agenda transformasi digital Indonesia. Kegiatan tersebut sangat bergantung pada ketersediaan jaringan internet. Mengenai hal itu, Kominfo mengambil langkah dengan menargetkan seluruh desa dan kelurahan bisa tersambung jaringan 4G.

Saat ini pemerintah tengah membangun infrastuktur telekomunikasi guna mengurangi kesenjangan akses jaringan internet di Tanah Air. Salah satu langkah pemerintah yakni dengan membangun satelit Satria yang ditargetkan akan mengorbit di 2023.

Satelit tersebut kabarnya bisa membantu meningkatkan kecepatan internet pada 150.000 titik layanan publik di seluruh Indonesia. Masuknya UMKM dan UMi ke platform digital untuk berjualan tentunya akan jadi lebih baik bila ketersediaan infrastruktur telekomunikasi memadai.

Baca Juga:

Pentingnya Tiga Pola Pengasuhan Anak di Era Digital

Johnny menjelaskan Kominfo mendukung peningkatan peran dari UMKM dan UMi yang kini sekitar 60 persen terhadap GDP Indonesia. Karena itu, Kominfo akan meningkatkan serta mendorong agar menjangkau pasar yang lebih luas.

Pemerintah dukung penuh pengembangan produk unggulan dari pengrajin lokal. (Foto: pixabay/loginouve_ilustra)

Pemerintah juga mengusung kegiatan untuk mendorong pengembangan produk unggulan dari artisan lokal agar pengusaha siap menghadapi dunia digital. Salah satunya yakni Beli Kreatif Danau Toba, yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Acara tersebut diadakan guna mendukung usaha lokal di tengah pandemi.

Harapan Kominfo pada 2022 nanti onboarding UMKM akan tersebar merata sampai di wilayah 3T. Bahkan menurut Johnny, produk Indonesia sangat potensial untuk menembus pasar internasional. (ryn)

Baca Juga:

Digitalisasi Gairahkan Kembali Industri Modifikasi di Masa Pandemi

#Teknologi #Bisnis #Pengusaha #UMKM #Menkominfo
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan