Demi Keselamatan, Australia Larang Seluruh Penerbangan Boeing 737 MAX Pesawat Boeing 737 MAX 8. (Reuters/Antaranews)

Merahputih.com - Otoritas penerbangan Australia melarang penerbangan semua pesawat Boeing 737 MAX. Pelarangan itu dilakukan usai kecelakaan mematikan di Ethiopia pada Minggu (10/3) yang menewaskan 157 orang.

Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil Australia (CASA) mengatakan pada Selasa (12/3) malam semua penerbangan 737 MAX yang masuk dan keluar dari Australia telah ditangguhkan untuk kepentingan keselamatan publik.

"Ini adalah penangguhan sementara, kami menunggu informasi lebih lanjut untuk meninjau risiko-risiko keselamatan dari operasi lanjutan Boeing 737 MAX ke dan dari Australia," kata Kepala Eksekutif dan Direktur Keselamatan Penerbangan CASA, Shane Carmody dikutip Antara.

Sebuah tiket pesawat terlihat di lokasi pesawat Ethiopian Airlines ET302 yang jatuh (REUTERS/Antaranews)

Insiden tersebut adalah kecelakaan fatal kedua yang melibatkan pesawat 737 MAX. Kejadian itu membuat sejumlah otoritas penerbangan di seluruh dunia untuk memberlakukan pelarangan. Sebut saja China, Ethiopia, dan Indonesia.

Saat ini, hanya Fiji Airways yang masih mengoperasikan pesawat Boeing 737 MAX ke Australia.

"CASA menyesali ketidaknyamanan kepada penumpang tetapi pihaknya percaya penting untuk selalu mengutamakan keselamatan," kata Carmody. (*)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH