Dell XPS 13 Plus Adalah Desain Laptop Impian

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 06 Januari 2022
Dell XPS 13 Plus Adalah Desain Laptop Impian
Memiliki berat 1.2 kg. (Foto: Feed Lily)

DELL telah meluncurkan laptop barunya yang diberi nama XPS 13 Plus. Laptop tersebut diluncurkan di festival CES 2022 yang digelar di Las Vegas, Amerika Serikat. Perangkat tersebut mungkin menjadi laptop paling cantik di pasaran, walaupun memiliki beberapa elemen desain yang kontroversial. XPS Series secara konsisten diakui sebagai salah satu perangkat ultra-portabel terbaik di pasar, karena desainnya yang luar biasa dan perpaduan yang tepat antara kinerja dan portabilitas.

Menurut laman The Verge, melihat jajaran inti dari seri XPS sudah sangat jelas bahwa Dell sedang mengejar MacBook Air. Tentu saja perangkat MacBook memiliki mesin yang tidak murah dan Dell juga tidak menjual banyak produk dalam beberapa tahun ke belakang.

Baca juga:

OnePlus Perlihatkan Desain Smartphone Terbarunya

MacBook Air memberikan tambahan elemen mencolok seperti panel OLED dan palm rest dari serat karbon, oleh karena itu perangkat tersebut memiliki harga yang tinggi. Namun semua itu untuk meningkatkan pengalaman dalam menggunakan MacBook Air. Begitu pun dengan Dell, yang sekarang memiliki lini produk yang besar dan banyak desain produk yang semakin meningkat untuk menyempurnakan pengalaman dalam penggunaan.

Laptop Dell XPS Series secara konsisten diakui sebagai salah satu perangkat ultra-portabel terbaik di pasar. (Foto: Screenrant)
Laptop Dell XPS Series secara konsisten diakui sebagai salah satu perangkat ultra-portabel terbaik di pasar. (Foto: Screenrant)

Dell XPS 13 Plus adalah laptop yang sangat mirip dengan desain minimalis nirwana yang banyak diimpikan oleh banyak orang. Memiliki keyboard yang tanpa bingkai, bezelnya sangat tipis, bodinya terbuat dari logam dengan garis-garis tajam dan memiliki bobot yang terbilang masih ringan yaitu 1,2 kg.

Jika melihat lebih dekat, penggemar akan melihat ada strip tipis ikon yang menyala tepat di atas tombol baris angka. Strip kapasitif tersebut adalah seperangkat tombol fungsi yang juga berfungsi ganda sebagai tombol media. Memang terlihat seperti MacBook Pro Touch Bar, tetapi Dell mungkin tidak akan mengakuinya.

Baca juga:

Samsung Buat Layar Nintendo Switch Pro

Sebagian orang ada yang menyukai tombol fisik daripada tombol sentuhan. Karena dengan tombol fisik bisa meminimalisir terhadap sentuhan yang tidak sengaja. Namun nyatanya sekarang tombol fisik tidak banyak yang menggunakan, justru tombol sentuhan yang lebih banyak diminati oleh banyak orang. Alhasil Touch Bar yang ada di Dell XPS 13 Plus menggunakan tombol sentuhan, sehingga membantu terlihat memiliki desain yang cantik dan minimalis.

Layarnya memiliki resolusi full-HD. (Foto: XDA Developers)
Layarnya memiliki resolusi full-HD. (Foto: XDA Developers)

Kemudian pada bagian bawah keyboard ada sesuatu hal unik, yaitu trackpad yang tidak terlihat. Secara teknis, trackpad yang ada di sana belum dibatasi dengan persegi panjang. Dell ingin mengandalkan memori otot untuk membiasakan diri dengan trackpad tersembunyi, yang juga mengandalkan umpan balik kekuatan haptic seperti laptop Apple. Di bawah trackpad tersebut ada rangkaian aktuator yang meniru sensasi menekan tombol kiri atau kanan. Namun laptop tersebut tidak memiliki port headphone 3,5mm.

Laptop tersebut sudah menggunakan prosesor Intel generasi ke-12 yang dipasangkan dengan RAM 8GB dan SSD hingga 1 TB. Kemudian untuk bagian layarnya memiliki resolusi full-HD dan mulai tersedia dipasar pada musim semi 2022 dengan varian Windows 11 dan Ubuntu. Namun tentang seberapa responsif tombol fungsi kapasitif, seberapa bagus trackpad yang tidak terlihat dan bagaimana memiliki laptop yang tidak mempunyai jack headphone 3,5 mm adalah hal yang harus dipikirkan sebelum membeli laptop tersebut dengan harga Rp17.2 jutaan. (frs)

Baca juga:

Samsung Perkenalkan Monitor Gaming 4K 120Hz

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan