Aksi Sosial

Delegasi Uni Eropa Adopsi 1.000 Pohon Mangrove di Pulau Harapan

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 29 September 2023
Delegasi Uni Eropa Adopsi 1.000 Pohon Mangrove di Pulau Harapan
Kawasan ekosistem mangrove Pulau Harapan. (Foto: Hutan Itu Indonesia

DALAM rangka tindak lanjut dari Pekan Diplomasi Hijau 2023, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia mengadopsi 1.000 pohon mangrove di Pulau Harapan, Jakarta. Aksi ini juga turut menggandeng gerakan Hutan Itu Indonesia (HII).

Penasihat Pertama Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim dari Delegasi Uni Eropa Henriette Faergemann menyebutkan, hutan merupakan salah satu pilar utama dari Kesepakatan Hijau (EU Green Deal).

Uni Eropa menghargai peran penting hutan dalam meningkatkan kesejahteraan kita serta kelestarian planet kita. Tahun ini, kami mendukung Adopsi Pohon Mangrove karena hutan mangrove memiliki peranan signifikan dalam penyerapan karbon, yang menjadikannya sangat penting dalam perjuangan kita melawan perubahan iklim." ujar Henriette, dalam siaran resminya.

Baca juga:

Pohon Mangrove untuk Menahan Abrasi di Pantura

Delegasi Uni Eropa Adopsi 1.000 Pohon Mangrove di Pulau Harapan
Bibit pohon mangrove di area Pulau Harapan. (Foto: Hutan itu Indonesia)

Di sisi lain, Manajer Kampanye HII Eulis Utami menyampaikan bahwa, program Adopsi Hutan Mangrove merupakan program baru untuk jenis hutan lahan basah.

"Program ini bertujuan untuk mempertahankan, menjaga, serta melestarikan ekosistem hutan di kawasan perhutanan lahan basah yang berfungsi menyerap emisi karbon. Selain itu, program ini juga memasukan proses monitoring pertumbuhan dan perkembangan bibit pohonnya selama tiga tahun," kata Eulis.

Dengan menjaga kawasan hutan mangrove, diharapkan dapat meningkatkan manfaat yang diterima oleh masyarakat luas. Berdasarkan Peta Mangrove Nasional yang dirilis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI pada 2021, total luasan mangrove di Indonesia mencapai 3.364.076 hektare, yang terdiri dari 2.661.281 hektare dalam kawasan serta 702.799 hektare di luar kawasan.

Baca Juga:

Energy Expert, Solusi Manajemen Karbon

Delegasi Uni Eropa Adopsi 1.000 Pohon Mangrove di Pulau Harapan
Penanaman bibit mangrove di Pulau Harapan. (Foto: Hutan Itu Indonesia)

Pulau Harapan menjadi destinasi area penanaman mangrove karena lokasi ini mendukung ekowisata dan pendidikan lingkungan, serta menjadi benteng perlindungan pantai di utara Jakarta.

Dengan adanya kegiatan ini, harapannya bisa berdampak pada banyak generasi, terutama anak muda perkotaan untuk turut serta dalam upaya perlindungan alam dan lingkungan. (and)

Baca Juga:

Lestarikan Bumi Dimulai dari Rumah

#September Sebangsa Seudara #Aksi Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan