Delegasi DPD Gelar Pertemuan Tertutup dengan PT Freeport

Eddy FloEddy Flo - Kamis, 24 Agustus 2017
Delegasi DPD Gelar Pertemuan Tertutup dengan PT Freeport
Sejumlah karyawan korban PHK PT Freeport Indonesia berunjuk rasa di Cek Point Mile 28, Timika (ANTARA FOTO/Spedy Paereng)

MerahPutih.Com - Konflik ribuan karyawan dengan PT Freeport masih belum menemukan titik temu. Protes yang diwarnai demo anarkistis para karyawan terus terjadi belakangan ini.

Demi meredam aksi pemogokan karyawan Freeport berlanjut, Wakil Ketua DPD Nono Sampono bersama enag anggota DPD utusan Papua menggelar pertemuan tertutup dengan PT Freeport di Timika, Kamis (24/8).

Pertemuan delegasi DPD dengan manajemen PT Freeport tersebut guna membahas masalah pemogokan sekitar 8.100 karyawan yang sudah berlangsung selama lima bulan sejak April-Mei lalu, namun versi manajemen Freeport bukan lagi karyawan karena dianggap mengundurkan diri.

"Pimpinan DPD datang ke Timika untuk lakukan pertemuan dengan manajemen PT Freeport. Rencananya delegasi DPD juga akan bertemu pengurus SPSI dan Pemda Mimika," kata Kapolres Mimika AKBP Victor Dean Mackbon di sela-sela aktivitas pemantauan kegiatan Tim DPD RI itu.

Pertemuan antara DPD RI dengan manajemen Freeport berlangsung di ruang Cartenz Pyramid Hotel Ultima Horison Timika.

Dari pihak manajemen Freeport hadir antara lain Executive Vice President Human Resources Achmad Didi Ardianto, penasihat senior Presdir PT Freeport Michael Manufandu dan John Rumainum.

Sejumlah wartawan yang hendak meliput pertemuan tersebut hanya diperkenankan mengambil dokumentasi sebelum pertemuan dimulai.

"Teman-teman wartawan hanya boleh mengambil dokumentasi, setelah itu disilahkan keluar ruangan karena ini pertemuan tertutup," kata seorang staf protokoler DPD RI.

Kapolres Mimika Victor Mackbon mengatakan pimpinan DPD RI juga menanyakan perkembangan proses hukum tertkait kejadian demo anarkis pada Sabtu (19/8) di Check Point 28, Terminal Gorong-gorong dan kompleks perkantoran PT Petrosea Jalan Cenderawasih Timika.

"Kami melaporkan kepada pimpinan DPD RI bahwa terkait kejadian itu kami sudah menetapkan 10 orang mantan karyawan PT Freeport sebagai tersangka. Tidak tetutup kemungkinan akan ada penambahan tersangka lainnya," ujar Victor Dean Mackbon.

Sesuai agenda DPD RI, usai bertemu dengan pihak manajemen PT Freeport, mereka akan menggelar pertemuan dengan pengurus SPSI PT Freeport dan Pemkab Mimika bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Mimika Jalan Cenderawasih Kampung Karang Senang SP3 Kuala Kencana, Timika.(*)

#DPD RI #PT. Freeport #Kontrak Freeport
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan