Delapan Penambang Pasir Tewas Tertimbun Longsor Lereng Merapi Evakuasi jenazah penambang pasir yang tewas tertimbun longsor lereng Merapi. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Musibah tanah longsor kembali terjadi di lokasi penambangan galian pasir C di Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Delapan penambang pasir meninggal dunia dan delapan lainnya terluka.

Kepala pelaksana BPBD Jawa Tengah, Edi Susanto mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu para penambang tengah menggali bagian bawah tebing.

"Tiba-tiba tumpukan material pasir bekas erupsi gunung merapi di bagian atasnya longsor dan menimbun para penambang di bawahnya," ujar Edi melalui sambungan telepon dari Yogyakarta, Senin (18/12).

Laporan sementara, material Merapi ini menimbun 16 penambang pasir yang sedang bekerja. Tim SAR, relawan dan petugas BPBD pun langsung diterjunkan ke lapangan untuk mengevakuasi korban.

"Informasi sementara yang meninggal ada delapan. Delapan luka-luka. Tapi data mungkin bertambah,"kata Edi.

Diperkirakan masih terdapat penambang yang tertimbun longsor, namun belum diketahui jumlahnya. Kedelapan korban meninggal adalah Zaenudin (32) warga Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Iwan Dwi (34) warga Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, Suparno warga Dusun Dermo, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Heri Setiawan warga Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

"Empat lainnya masih proses identifikasi," kata Edi.

Sementara korban luka-luka dilarikan ke RS Magelang dan RSUP Sardjito Yogyakarta.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan musibah longsor ini bukan yang pertama kali terjadi.

Sebelumnya pernah juga terjadi beberapa kali penambang pasir tertimbun longsor di daerah Magelang. Kondisi tebing lereng yang ditambang yang hampir tegak lurus di kawasan pertambangan galian C ini juga membahayakan masyarakat sekitarnya.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada dimusim penghujan ini.

Berita ini merupakan laporan Teresa Ika, kontributor merahputih.com, untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH