Delapan Besar Liga 1 U-19 Siap Digelar Liga 1 U-19. Foto: Ist

MerahPutih.com - Babak delapan besar Liga 1 U-19 siap bergulir pada 18-24 Oktober 2017 di Bandung dan Bali, kata Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru Tigor Shalomboboy.

"Grup dan pilihan arena pelaksanaan babak delapan besar Liga 1 U-19 juga sudah ditetapkan," ujar Tigor usai pelaksanaan "drawing" delapan besar Liga 1 U-19 di Jakarta, Rabu (11/10) seperti dikutip Antara

Di babak delapan besar yang digelar dengan sistem "home tournament", delapan tim dibagi ke dalam Grup A dan Grup B. Grup A diisi oleh Pusamania Borneo FC U-19, Bhayangkara FC U-19, Persela Lamongan U-19 dan tuan rumah Bali United U-19.

Sementara Grup B beranggotakan tuan rumah Persib Bandung U-19, Persipura Jayapura U-19, PS Barito Putra U-19 dan Perseru Serui U-19.

Terkait penentuan tuan rumah, Tigor menyebut hal itu diputuskan berdasarkan pengajuan oleh tim peserta, dalam hal ini Bali United U-19 dan Persib U-19.

Bali dan Bandung pun dianggap memenuhi syarat karena wilayah itu memiliki setidak-tidaknya dua stadion yang sesuai standar PSSI, juga dilengkapi lampu untuk pertandingan malam hari.

"Selain itu, tuan rumah juga harus memiliki lapangan latihan dengan kondisi yang baik," tutur Tigor.

Persib sendiri mengajukan Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dan Siliwangi, Kota Bandung. Kemudian Bali United U-19 mengedepankan Stadion I Wayan Dipta di Gianyar dan Stadion Gelora Samudra di Badung.

LIB menyebut delapan besar, tuan rumah akan mendapatkan subsidi sebesar Rp100 juta dan wajib menanggung transportasi tim lawan dan perangkat pertandingan.

Sementara untuk setiap klub non-tuan rumah akan diberikan Rp25 juta.

Penambahan Pemain Jelang bergulirnya delapan Liga 1 U-19, PT LIB juga memberikan tambahan waktu bagi delapan klub peserta untuk memperkuat tim dengan mengganti atau menambah pemain.

Para pemain itu bisa didatangkan dari tim-tim yang sudah gugur di fase kompetisi sebelumnya.

"Yang penting jumlah pemain harus sesuai kuota. Untuk ini, kami berikan waktu 12-19 Oktober 2017," tutur Tigor.

Salah satu tim delapan besar, Persib Bandung U-19, ingin memanfaatkan kesempatan itu dengan mendatangkan daua atau tiga pemain.

Manajer Persib U-19, Yoyo S. Adiredja menyatakan kebijakan itu dilakukan agar timnya lebih tajam.

"Posisi mereka ada yang gelandang, intinya kami ingin mempertajam tim. Untuk target, kami mau lolos dari delapan besar dan menjadi juara," kata Yoyo.

Belum ada jadwal resmi penyelenggaraan babak semifinal Liga 1 U-19. Namun LIB sudah memastikan pertandingan final digelar pada 1 November 2017.

Beberapa stadion yang dipertimbangkan untuk menggelar babak semifinal dan final Liga 1 U-19 adalah Stadion Pakansari di Cibinong, Wibawa Mukti di Cikarang dan Patriot Candrabaga, Bekasi.



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH