Dekan FMP Unhan Beri Kuliah Umum di Rumania National Defence University

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Rabu, 22 November 2017
Dekan FMP Unhan Beri Kuliah Umum di Rumania National Defence University
Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan), Laksda TNI Amarulla Octavian. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan), Laksda TNI Amarulla Octavian menegaskan, Indonesia memiliki peran penting dalam meredam eskalasi konflik di Laut Cina Selatan dengan mengutamakan diplomasi berdasarkan hukum internasional.

Hal tersebut disampaikan Amarulla saat memberikan kuliah umum 'The South China Sea Dispute and Indonesia’s Maritime Defense Management' di The Carol I National Defence University, Bukares, Rumania, Selasa (21/11) waktu setempat.

"Peran sentral Indonesia di dalam keanggotaan Asean juga sejalan dengan visi pemerintah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia sesuai kepentingan nasional yang ingin dicapai," tegasnya.

Kuliah umum itu, sebagaimana dalam siaran pers yang diterima MerahPutih.com Rabu (22/11), disampaikan Amarulla di hadapan puluhan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) S2 dan S3 ilmu kemiliteran serta kajian keamanan dan intelijen.

Kuliah umum berjudul The South China Sea Dispute and Indonesia’s Maritime Defense Management mendapat sambutan baik dan apresiasi dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan baik oleh mahasiswa maupun para profesor.

Kesempatan selanjutnya diisi pembandingan (benchmarking) Prodi S-3 dan menyusun tahapan penelitian bersama kedua universitas. Pasalnya, Unhan berencana membuka Prodi S-3 pada tahun depan.

Selain itu, Amarulla bersama Duta Besar RI untuk Rumania Diar Nubiatoro sempat bertemu Kementerian Pertahanan dan Kementerian Luar Negeri Rumania. Mereka membahas kerja sama pendidikan pertahanan, karena selaras dengan kebijakan umum Uni Eropa terhadap Asean, khususnya Indonesia.

Kerja sama pendidikan pertahanan antara kedua universitas dapat dimanfaatkan Unhan untuk memahami lebih mendalam bagaimana militer Rumania berkontribusi terhadap Angkatan Bersenjata Uni Eropa sekaligus NATO. (Pon)

#Laut China Selatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan