Dekan FH Unas Curiga AKP Sulman Aziz Ditekan Minta Maaf

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 04 April 2019
Dekan FH Unas Curiga AKP Sulman Aziz Ditekan Minta Maaf
Eks Kapolsek Pasirwangi Garut AKP Sulman Aziz

MerahPutih.com - Eks Kapolsek Pasirwangi Garut AKP Sulman Aziz telah meminta maaf sempat mengeluarkan pernyataan ada perintah dari atasannya untuk memenangkan salah satu capres.

Perwira yang terkena mutasi karena berfoto dengan salah satu tokoh agama yang mendukung calon nomor 02 itu beralasan emosi hingga akhirnya menghembuskan kabar Polri tidak netral.

Dekan Fakultas Hukum Universitas Nasional (FH Unas) Ismail Rumadan menilai penarikan ucapan AKP Sulman sudah terlambat karena publik sudah terlanjur menerima pengakuan awalnya sebagai kebenaran.

"Sudah terlambat ketika pernyataannya sudah dianggap benar oleh publik yang sudah viral di media massa maupun media sosial," kata Ismail, dalam rilis yang diterima di Jakarta, Kamis (4/4).

AKP Sulman Aziz
Eks Kapolsek Pasirwangi Garut AKP Sulman Aziz. (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)

Menurut Ismail, sikap Sulman menarik kembali ucapannya malah bisa menimbulkan kecurigaan publik adanya tekanan yang dialami mantan Kapolsek itu. Apalagi, lanjut dia, jumpa pers klarifikasi itu digelar di Mapolda Jawa Barat.

"Saya punya keyakinan bahwa pecabutan pernyataan oleh saudara Sulman Aziz suatu bentuk tekanan dari atasan yang bersangkutan, terlebih lagi pernyataan itu disampaikan di kantor Mapolda Jabar," tutur dia.

Lebih jauh, Ismail enggan berasumsi lebih jauh dan membiarkan publik sendiri yang menilai tarik ulur pernyataan Sulman di era transparansi informasi saat ini. Hanya saja, dia mengingatkan, sebagai Polri harus berdiri di atas semua kepentingan dan bersikap netral dalam pemilu.

"Masyarakat tentu sudah pandai menilainya, mana pernyataan yang tulus dan mana yang didasarkan pada tekanan," tutup pakar Hukum Unas itu. (*)

#Pilpres 2019
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan