Dedi Mulyadi: Sudah Waktunya Lotek Go International Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi menyatakan akan membranding lotek yang merupakan makanan khas Sunda agar bisa bersaing dengan makanan internasional.

"Saya bertekad mendorong lotek agar dikenal masyarakat luas. Bahkan saya akan berusaha membranding agar lotek go internasional," katanya seperti dilansir Antara, Rabu (7/3).

Orang Sunda memiliki makanan sejenis salad bernama lotek. Tapi secara resep, proses pembuatan lotek lebih rumit dibandingkan dengan membuat salad.

Lotek terbuat dari bahan sayuran yang telah dikukus terlebih dahulu, kemudian diaduk dengan saus kacang dalam cobek. Sedangkan salad lebih praktis, karena hanya berisi sayuran mentah dicampur dengan mayonaise.

Melihat kerumitan pembuatan lotek, Dedi Mulyadi mengatakan sudah saatnya lotek bersaing dengan makanan internasional.

Lotek khas Bandung. (pinterest)
Lotek khas Bandung. (pinterest)

"Salad dan lotek itu memiliki kesamaan. Bedanya, kalau salad disentuh oleh koki profesional dan internasional. Kalau lotek masih dibuat secara tradisional. Proses membuat salad diajarkan di sekolah tata boga sementara lotek tidak," katanya.

Ia menyarankan agar ke depannya, lotek bisa mulai dibuat oleh tangan-tangan terampil koki internasional. Dirinya siap mendorong kesejajaran antara salad dan lotek.

Dedi menyampaikan akan mendorong lotek mampu bersaing dengan makanan internasional, karena dirinya yang telah menyelesaikan jabatan Bupati Purwakarta dua periode itu sudah berhasil "membranding" sate maranggi.

Beberapa "food truck" di Amerika Serikat kini telah menjual makanan sate maranggi khas Purwakarta tersebut dengan cara berkeliling. (*)



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH