K-Pop

Debut dengan Lagu 'Pandora', Girl Group Virtual MAVE: Siap Tampil di Acara Musik

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Sabtu, 28 Januari 2023
Debut dengan Lagu 'Pandora', Girl Group Virtual MAVE: Siap Tampil di Acara Musik
MAVE adalah grup virtual baru besutan Metaverse Entertainment, anak perusahaan dari Netmarble. (Foto: Twitter/@Mave_official)

PEMANDANGAN kota futuristik terpampang luas. Di langit kota itu, tergantung lapisan berbentuk seperti piring bercorong pada bagian tengah. Itu adalah lapisan kota kedua.

Tepat di pusatnya, terdapat sebuah kotak ungu nan magis yang melayang. Mendadak empat orang perempuan berambut panjang muncul dan mulai bernyanyi serta menari dengan energik.

Alih-alih manusia asli, penampilan dan tarian di video itu diisi oleh sosok digital. Keempat sosok artificial inteligence (AI) itu merupakan anggota dari MAVE:, girl group virtual yang baru saja debut pada Rabu (25/1).

Melalui kanal YouTube 1theK, MAVE: merilis MV dan single perdana mereka yang bertajuk "Pandora". Single tersebut merupakan title track dari album bernama Pandora's Box.

Lagu serta video klip ini mengusung gaya cyberpunk nan modern. Audiens bisa melihat banyak detail teknologi canggih hadir dalam visual "Pandora". Dilansir oleh Rolling Stones India, "Pandora" adalah lagu yang mengusung gaya synthpop, yaitu menggunakan banyak aspek musik elektronik.

Baca juga:

Hadir Sebagai SuperM Versi Perempuan, SM Debutkan Girl Group GOT

Seperti kebanyakan video klip K-Pop, "Pandora" menghadirkan berbagai cuplikan atau visualisasi setiap anggota. Dalam beberapa bagian, MAVE: juga tampil secara serentak dan menarikan koreografi.

Lebih jauh, keempat anggota MAVE: melakukan aksi seperti mengebut, melompat ke arah mobil yang sedang drifting, serta terjun dari atas gedung yang tinggi sambil berputar.

Mengacu laman Soompi, "Pandora" juga menjelaskan tentang rasa keputusasaan di mana manusia masa depan tak lagi memiliki emosi. Keempat anggota MAVE: ini adalah sosok yang berusaha untuk mencari harapan baru dari fenomena tersebut.

MAVE: adalah girl group virtual besutan Metaverse Entertainment, sebuah agensi yang berfokus pada pengembangan talent hiburan digital. Nama grup ini merupakan singkatan dari tagline 'Make New Wave' yang berarti membuat gelombang atau inovasi baru.

Nama ini sejalan dengan harapan agensi, mengingat dunia AI belum banyak diaplikasikan dalam dunia K-Pop.

"Ketika perbatasan antara kenyataan dan digital bertemu, kami menciptakan perpaduan antara teknologi yang dingin dengan kemanusiaan yang hangat untuk bercerita tentang kisah-kisah manusia," tutur pihak agensi ketika memutuskan produksi Meta Idols.

Grup itu terdiri dari SIU:, ZENA:, MARTY:, dan TYRA:. Meski hanya berbentuk sosok virtual, suara keempat anggota tetap diisi oleh manusia asli. Namun, belum ada informasi resmi tentang sosok pengisi suara ini.

Baca juga:

BLACKPINK Jadi Girl Group K-Pop Pertama yang Raih 450 Juta Views

mave

Grup ini memiliki makna Make New Wave, yang berarti MAVE ingin menciptakan gelombang atau inovasi baru. (Foto: Twitter/@Mave_official)

Yang diketahui hanya posisi masing-masin personel. SIU: berposisi sebagai leader dan main vocalist, ZENA: sebagai lead vocalist, MARTY: sebagai rapper dan dancer, lalu TYRA: sebagai maknae atau anggota termuda. Sosok atau visual empat anggota ini bisa dilihat melalui akun resmi Instagram mereka, @Mave_official_.

Rencananya, MAVE: akan tampil ke publik secara perdana pada acara Music Core di kanal TV MBC. Acara musik ini akan tayang pada 28 Januari mendatang. Ini menuai rasa penasaran publik tentang bagaimana sosok AI akan tampil di tayangan publik.

Wah, jadi tidak sabar ya menanti performance MAVE:! (mcl)

Baca juga:

#Girl Band Korea #K-Pop
Bagikan
Ditulis Oleh

Marcella

K-Pop enthusiast and books enjoyer.
Bagikan