Debut bersama Empire, Ramengvrl Rilis Vaselina Vaselina merupakan kolaborasi dengan rapper Euro. (Foto :YouTube RAMENGVRL)

RAPPER Indonesia, Ramengvrl, baru saja merilis single terbarunya, Vaselina. Lagu itu merupakan hasil kolaborasi dengan rapper berdarah Latin-Amerika, Euro. Vaselina menandai debut Ramengvrl dengan label musik AS, Empire. Ramengvrl sontak mendapat pujian.

Potongan video musik Vaselina yang diunggah di Instagram, Sabtu (26/9), banjir dukungan. Ramengvrl tampil cerah dengan rambut oranye berpadu setelah hitam, lengkap dengan kacamata, topi, dan jaket. Lagu dibuka dengan alunan musik Spanyol. “Video musik Vaselina di Youtube,” ujar Ramengvrl.

BACA JUGA:

Resmi, BTS Rilis Tanggal Album 'BE'

Sebelumnya, Ramengvrl mengumumkan Vaselina merupakan rilisan pertama dari proyek yang akan datang bersama Empire. Mengutip NME, lagu ini dibuat bersama label rekaman asal Indonesia, JUNI Records. Vaselina merupakan perkembangan dari album No Bethany miliknya yang rilis 2019 lalu.

Dua produser nominasi Grammy Awards, Roark Bailey dan Omega, ikut mengerjakan lagu ini. Kedua produser itu pernah bekerja sama dengan musisi dunia, seperti Post Malone, Drake, Nicki Minaj hingga Iggy Azalea.

vaselina, ramengvrl
Vaselina, lagu debut Ramengvrl dengan label musik Empire. (Foto YouTube RAMENGVRL)

Lagu ini diproduksi saat Ramengvrl berkunjung ke studio Empire di San Fransisco, AS pada 2019. “Ketika datang ke AS, ia langsung terjun ke studio. Setiap musisi dan produser yang bertemu dengannya bisa seketika jatuh cinta dengan ide dan lirik rap yang ia tulis,” kata Vice President A&R Empire Tina Davis.


Davis mengungkapkan betapa bangganya mereka bisa bekerja sama dengan Ramengvrl. "Kami sangat tidak sabar untuk karya-karya selanjutnya,” lanjut Davis.

snoop dogg
Empire pernah menaungi Snoop Dogg. (Foto The Insidexpress)

Ramengvrl mengatakan bahwa kolaborasinya dengan Euro sebenarnya tidak direncanakan. Semua terjadi instan dan cepat. Bahkan, proses pengerjaan lagunya hanya 3 jam. “Aku baru selesai sesi studio di hari itu dan mendengar ada rapper bernama Euro yang sedang tur bersama Lil Wayne akan datang ke studio untuk bertemu denganku,” ujar Ramengvrl.

Vaselina berhasil memadukan cita rasa budaya asal setiap rapper, termasuk menyatukan keunikan rap berses Ramengvrl. Kombinasi tersebut memecahkan batasan budaya lewat sajak menakjubkan dan irama musik yang menggetarkan.

Label Empire pernah menaungi nama besar musik dunia, sebut saja seperti Snoop Dogg, Kendrick Lamar, Iggy Azalea, XXXTenctacion, Anderson, Adam Lambert, termasuk album perdana Rich Brian. Ramengvrl mengaku merasa beruntung karena bisa berada di sebuah label musik yang pernah menaungi nama besar tersebut.(and)

BACA JUGA:

Gua Liang Bua, Rumah si Hobbit dari Flores


Tags Artikel Ini

Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH